Sukses

Lifestyle

5 Perbedaan Orang Pintar dan Sok Tahu

Fimela.com, Jakarta Kita pasti bertemu dan berhubungan dengan karakter orang yang berbeda-beda. Ada orang yang memang pintar dan ada orang yang sok tahu, terkadang banyak tang tahu perbedaannya. Orang yang pintar, mereka tidak akan asal dengan informasi yang diberikan, berbeda dengan orang sok tahu yang terkadang suka mengarang informasi yang diberikan.

Sebab, tidak semua orang itu baik dan kamu harus tahu mana orang yang bisa kamu percaya untuk membagikan informasi atau tidak. Karena itulah kamu harus tahu mana orang yang memang benar pintar atau sok tahu.

Berikut ini beberapa perbedaan orang pintar dan sok tahu.

1. Orang pintar tidak suka pamer

Seperti ilmu padi yang makin berisi maka makin merunduk, orang yang memang dasarnya pintar akan diam saja. Mereka tidak perlu menunjukkan kelebihannya. Berbeda dengan orang sok tahu yang suka pamer keunggulan agar kepintarannya diakui orang banyak.

2. Orang pintar tidak suka menggurui

Orang yang pintar tidak suka menggurui orang lain karena mereka merasa masih kurang dan harus terus berbenah diri. Berbeda halnya dengan orang yang sok tahu. Orang sok tahu justru senang menggurui orang di sekitarnya, karena mereka mendapat kepuasaan tersendiri dari kebiasaannya ini.`

3. Orang pintar tidak akan sok tahu sebelum ditanya

Jelas sekali kalau orang pintar itu tidak suka pamer keunggulan. Bahkan, mereka ini baru menjawab kalau ada yang bertanya. Berbeda sekali dengan orang yang sok pintar. Orang sok pintar cenderung ikut campur karena gemar memberi tahu orang lain tanpa ditanya biar dianggap hebat.

4. Orang pintar tidak ngotot dengan jawabannya

Orang yang sok tahu cenderung memilih untuk menyelamatkan atau membela diri sendiri, ia tidak mau terlihat jelek, kurang atau pun salah di mata orang lain. Sementara orang pintar akan memilih untuk mengakui jika ada salah atau informasi yang diberikan belum tentu sepenuhnya benar. Ia juga akan mempertanggung jawabkan kesalahan yang ia perbuat.

5. Orang pintar tidak suka menjatuhkan orang lain

Orang yang sok tahu akan fokus pada upaya penonjolan dirinya di hadapan orang lain, bahkan untuk mendapatkan perhatian, mereka tak segan untuk menjatuhkan orang lain. Sementara orang pintar akan memilih untuk tidak pamer akan kelebihannya dan fokus memperbaiki dirinya dengan membersihkan jiwa serta mengubah perilaku yang kurang berkenan di hati orang lain.

Intinya, orang yang sok tahu akan berusaha keras untuk membuat dirinya terlihat pintar di mata orang. Sementara orang yang betul-betul pintar akan memilih untuk tidak sombong dan biarkan kemapuannya yang menjawab. Orang pintar juga akan berpikir bahwa semua orang memiliki kemampuan serta keunikan masing-masing yang tidak membuatnya lebih atau pun kurang dari yang lainnya.

#ElevateWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading