Sukses

Lifestyle

5 Ciri Orang Pintar tapi Rendah Hati

Fimela.com, Jakarta Terkadang kepintaran membuat orang merasa dirinya lebih baik dari orang lain, sehingga mudah bagi mereka untuk pamer dan menunjukkan kemampuannya di depan orang lain. Tetapi, tak semua ornag seperti kok, karena masih ada orang yang meskipun pintar namun tetap rendah hati. Orang seperti ini yang langka, karena mereka bisa menyeimbangkan antara ilmu dengan tindakannya.

Apakah kamu termasuk orang yang pintar tapi rendah hati? Lihat ciri-cirinya di sini!

1. Sedikit bicara dan lebih banyak mendengarkan

Orang yang pintar namun rendah hati lebih banyak mendengarkan daripada berbicara. Mereka mau mendengarkan orang lain dan menunggu saat yang tepat untuk berbicara. Dan saat berbicara, mereka tidak suka melebih-lebihkan untuk mendapatkan pengakuan dari orang lain.

2. Mau dinasihati

Semakin tinggi ilmu seseorang maka akan semakin rendah hati pula sifatnya. Sehingga mereka tak masalah jika ada orang lain yang menasihatinya. Mereka juga sadar meskipun punya banyak kelebihan, bukan berarti mereka akan selalu benar dan mungkin saja melakukan kesalahan.

3. Tidak pamer kelebihan

Meskipun ia cerdas dan punya banyak kelebihan, tetapi itu tak menjadikannya sombong atau merasa dirinya lebih baik dari orang lain. Justru mereka akan terus belajar agar menjadi orang yang lebih baik lagi.

4. Mau mengajarkan ilmunya pada orang lain

Orang yang pintar dan rendah hati tak pernah pelit ilmu, justru mereka akan membagikan apa yang diketahuinya pada orang lain. Saat melihat orang lain dalam masalah, mereka akan senang hati untuk membantu mencarikan jalan keluar.

5. Mau mengakui kesalahan

Mereka juga tak malu mengakui kesalahan, mereka terbuka untuk diingatkan orang lain. Dan jika melakukan kesalahan, mereka akan bersedia bertanggung jawab untuk itu bukan malah sebaliknya mencari pembelaan dan merasa diri paling benar.

Seperti kata pepatah, semakin berisi padi maka akan semakin merunduk. Begitu juga dengan orang yang pintar tapi rendah hati, semakin tinggi ilmunya maka sifatnya akan semakin membumi.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading