Sukses

Lifestyle

Ingin Mesin Cuci di Rumah Awet dan Tahan Lama? Ini Tipsnya!

Fimela.com, Jakarta Mesin cuci menjadi salah satu alat yang telah menjadi bagian dari pekerjaan rumah tangga. Bahkan, hampir sebagian sahabat fimela menggunakan mesin cuci di rumah untuk mencuci banyak pakaian kotor setiap harinya. Akan tetapi, mungkin banyak dari sahabat fimela yang sering mengabaikan perawatan mesin cuci seperti merawat pengering dan ventilasinya.

Hal tersebut dapat mengakibatkan penyumbatan saluran air, mesin cuci bocor, mesin tidak mengeluarkan deterjen dan lain-lain. Hal-hal tersebutkan yang dapat memperpendek usia mesin cuci. Lantas, bagaimana ya sahabat fimela cara mengatasinya? Yuk simak penjelasannya dibawah ini!

1. Jangan melebihi kapasitas mesin cuci

Sahabat fimela mungkin banyak melihat pakaian kotor menumpuk di rumah dan memilih mencucinya sekaligus tanpa memperhatikan kapasitas maksimal mesin cuci. Justru, hal ini harus sahabat fimela hindari karena dapat mengakibatkan mesin cuci kelebihan beban, sehingga menjadikannya cepat rusak. Bacalah panduan menggunakan mesin cuci dan patuhilah kapasitas mesin cuci sesuai dengan buku panduan tersebut ya.

2. Selalu periksa saku pakaian sebelum dicuci

Barang-barang yang tertinggal di saku seperti logam (kunci dan koin) memiliki kemampuan untuk merusak bak dalam mesin cuci. Oleh karena itu, kamu harus selalu periksa saku pakaian sebelum memasukkannya ke mesin cuci.

3. Pilihlah deterjen yang tepat

Sahabat fimela tahu gasih kalau pemilihan deterjen yang tepat ternyata memengaruhi usia mesin cuci lho! Oleh karena itu gunakan deterjen yang sudah diformulasikan khusus untuk mesin cuci agar usianya semakin panjang. Pilihlah deterjen cair untuk meminimalisir sisa deterjen dalam dispenser deterjen yang bisa menyumbat saluran dan membuat kerusakan.

4. Bersihkan ventilasi pengering dan filter serat secara teratur

Memberishkan ventilasi saluran dan filter secara teratur akan membuat mesin cuci awet dan mencegah konsleting yang menjadi penyebab kebakaran. Dengan hal itu, dianjurkan untuk membersihkan ventilasi saluran dan filter setidaknya setahun sekali supaya bisa tetap bekerja dengan optimal.

5. Gunakan pembersih kerak

Apabila air di daerah atau lingkuangan sahabat fimela sulit dan tidak berkualitas baik, gunakanlah pembersih kerak. Karena kerak kapur yang menumpuk pada tabung dan pompa mesin cuci dapat mengganggu kinerja mesin cuci secara perlahan. Gunakanlah selama periode waktu tertentu untuk menjaga mesin bekerja dalam kondisi optimal.

Nah, itu dia tips mudah menjaga dan merawat mesin cuci agar tetap bersih dan tidak kotor. Semoga bermanfaat yaa sahabat fimela.

Ditulis: Adjeng Dwi Fitriani

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading