Sukses

Lifestyle

Menurut Penelitian, Ini Alasan Cinta Pertama Susah Dilupakan

Fimela.com, Jakarta Cinta pertama selalu memiliki cerita beragam dalam hidup setiap orang. Salah satu kesamaan yang mungkin dirasakan banyak orang tentang cinta pertama adalah sulit dilupakan. Tapi bagaimana bisa cinta pertama selalu susah dilupakan dan bahkan mudah diingat? Ternyata ini ada hubungannya dengan 'pengalaman pertama' yang melekat pada cinta pertama.

Sebuah studi dari Harvard Medical School tahun 2017 menemukan bahwa otak akan mengalami banyak hal ketika kita jatuh cinta. Berbagai macam hormon kebahagiaan akan dilepaskan sehingga kita merasakan lonjakan emosi yang intens di kala itu. Lonjakan emosi itu adalah sebagai berikut:

Cinta pertama menciptakan perasaan yang kuat

  • Otak melepaskan oksitosin (hormon cinta) yang bertanggung jawab atas perasaan keterikatan dan keintiman dengan orang yang dicintai.
  • Dopamin dilepaskan sehingga kita merasakan pengaruh motivasi kuat dalam hidup. Di saat pelepasan hormon inilah kita merasakan kasmaran atau kecanduan cinta.
  • Norepinefrin, hormon yang mirip dengan dopamin, juga dilepaskan pada tahap awal cinta (nafsu atau kegilaan) dan ini menyebabkan kita menjadi pusing, bersemangat dan penuh energi.

Sedangkan penelitian dari ilmuwan kognitif di MIT menjelaskan bahwa kita mengalami pemrosesan puncak dan kekuatan memori sekitar usia 18 tahun. Di usia inilah kita mengalami banyak pengalaman pertama, tidak terkecuali cinta pertama.

 

Segalanya yang pertama seringkali sulit dilupakan

Jika ditarik benang merahnya, alasan cinta pertama terasa begitu sulit dilupakan adalah karena itu merupakan pengalaman pertama yang melibatkan banyak emosi yang kuat dalam otak dan tubuh kita. Segala pengalaman pertama yang kita alami selalu mencetak kenangan lebih kuat sehingga sulit dilupakan.

Dan cinta pertama mungkin menjadi pengalaman yang paling penting untuk diingat karena itu adalah fondasi dari pengalaman-pengalaman cinta yang akan kita alami di masa depan. Kita memiliki gambaran seperti apa rasanya jatuh cinta.

Jadi sekarang sudah tahu kan mengapa cinta pertama selalu susah dilupakan?

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading