Sukses

Lifestyle

Hati-hati dalam Berteman, Kenali Tanda Teman Toxic

Fimela.com, Jakarta Lingkaran pertemanan, merupakan lingkungan yang seringkali menjadi lingkungan terdekat kita setelah keluarga. Oleh karena itu, perlu diperhatikan dengan baik sebelum terjun ke dalam lingkaran pertemanan tertentuk. Karena lingkungan yang buruk akan merusak kebiasaan yang baik. Sebaliknya lingkungan yang baik, akan merusak kebiasaan yang buruk. Terlebih nantinya, teman akan lebih sering berada di sekitar kita dan seringkali menjadi tempat untuk bercerita dan berkeluh kesah.

Terjebak dalam pertemanan yang toxic adalah suatu keadaan yang tidak mengenakkan. Apalagi ketika sudah mengadopsi kebiasaan-kebiasaan dalam lingkaran pertemanan yang buruk. Teman yang toxic akan menghasilkan lingkungan pertemanan yang toxic juga, yang biasanya akan menjerumuskanmu ke hal-hal buruk. Untuk itu, kamu perlu memperhatikan teman-temanmu apakah mereka baik untukmu atau tidak.

Berikut beberapa hal yang dapat menjadi ciri orang yang toxic dan perlu dihindari. Cek penjelasannya di bawah ini.

Suka Bergosip Tentang Orang lain

Salah satu ciri khas orang-orang toxic adalah mereka suka sekali menyebar gosip dengan dalih ‘katanya’ tentang orang lain. Hal tersebut biasanya akan merugikan orang lain yang menjadi bahan dari gosip tersebut karena tidak semua yang dibicarakan tentang orang tersebut adalah benar atau fakta. Teman seperti ini juga biasanya akan menyebarkan gosip karena semata–mata mereka tidak suka dengan orang yang menjadi bahan gosip tersebut. Hati-hati ketika kamu bergabung dengan mereka. Jangan-jangan ketika kamu tidak ikut berkumpul bersama mereka, kamulah yang menjadi bahan gunjingan mereka.

Selalu Ingin Tahu Kehidupan Pribadimu Secara Detail

Ketika kamu diberikan pertanyaan-pertanyaan yang sebenarnya itu adalah privasimu, biasanya akan timbul perasaan tidak nyaman dalam dirimu. Terlebih jika pertanyaan tersebut dilontarkan berkali-kali meskipun kamu sudah berusaha menolak untuk menjawab pertanyaan tersebut. Namun biasanya, teman yang ingin tahu kehidupan pribadi secara detail tidak akan berhenti sampai disitu. Mereka akan mencari berbagai macam cara untuk dapat mengetahui segala kehidupanmu secara detail. Entah apa tujuan mereka, namun ketika kamu bertemu dengan teman yang seperti itu, tentunya akan terasa tidak nyaman dan terasa diawasi.

Mengambil Barangmu Tanpa Izin

Sebenarnya urusan pinjam meminjam barang dalam lingkungan pertemanan, khususnya perempuan adalah hal yang sangat wajar. Mulai dari meminjam pakaian sampai makeup biasanya dilakukan. Namun, hal tersebut mulai tidak wajar ketika temanmu mulai mengambil barangmu tanpa se izinmu. Hal ini tentunya akan terasa sangat menyebalkan terlebih ketika kamu sedang membutuhkan barang tersebut. Mengambil barang tanpa izin juga dapat diartikan sebagai tidak menghargai privasimu.

Posesif

Teman yang posesif biasanya akan menimbulkan berbagai macam drama dalam kehidupan pertemananmu. Seperti misalnya saat kamu pergi dengan temanmu yang lain dan temanmu yang posesif ini tidak bisa ikut ataupun tidak diajak, maka ia akan ngambek, dan lain sebagainya. Teman yang posesif biasanya tidak suka ketika hidupmu mulai berkembang ke arah yang lebih baik dari mereka, mereka akan berusaha untuk mengekangmu dalam genggaman mereka.

Ketika teman di sekitarmu memiliki tanda tersebut, maka kamu dapat memilih untuk menghindari mereka daripada terjebak dalam pertemanan yang toxic. Dari beberapa tanda di atas kira-kira teman-temanmu saat ini merupakan teman yang baik atau tidak?

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading