Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Notifikasi WA Tidak Muncul dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Whatsapp merupakan salah satu applikasi yang paling banyak digunakan dari beberapa applikasi lainnya. Saat ini, whatsapp memiliki lebih dari 2 miliar pengguna aktif secara global dan menjadi peringkat tertinggi di dunia untuk applikasi perpesanan. Banyak fitur yang ditawarkan di applikasi satu ini untuk mempermudah seseorang berkomunikasi dengan orang lain.

Banyaknya fitur yang ditawarkan terkadang membuat beberapa fitur diantaranya tidak berjalan dengan baik, salah satunya yaitu notifikasi yang tidak muncul atau pesan yang tidak terkirim. Masalah ini sering terjadi dan membuat kita terganggu saat melakukan komunikasi, jika kamu mengalami hal seperti ini pastikan untuk mengecek ponsel terlebih dahulu. 

Notifikasi whatsapp yang tidak muncul terkadang akan menghambat kita untuk mendapat pesan dari seseorang, meski begitu kamu tak perlu khawatir. Jika kamu mengalami hal seperti ini berikut beberapa penyebab whatsapp tida muncul notifikasi dan cara mengatasinya dengan mudah:

1. Koneksi Internet yang Buruk

Salah satu penyebab utama notifikasi whatsapp yang tidak muncul adalah sinyal yang buruk atau lemot, masalah ini tentu berkaitan dengan ketidakstabilan internet atau sinyal yang kamu miliki. Beberapa orang akan mengalami internet yang buruk saat berada di ruangan atau tempat tertentu, hal inilah yang akan menyebabkan notifikasi whatsapp tidak muncul. 

2. Silent Mode atau Focus Mode

Setiap jenis ponsel tentu memiliki perbedaan, seperti android dan iphone. Jika kamu pengguna iphone tentu tak asing dengan mode khusus yaitu "focus" mode ini dikhususkan kamu yang tidak ingin terganggu saat bekerja, sibuk, atau santai. Ketika ada seseorang yang berusaha menghubungi kamu melalui pesan whatsapp maka tidak akan muncul notifikasi sebelum kamu membuka ponsel. Akan tetapi jika kamu pengguna android, terdapat salah satu mode yang disebut "silent mode" yang dimaksud untuk menyeyapkan notifikasi.

3. Belum Update

Selanjutnya penyebeb notifikasi tidak muncul adalah whatsapp yang berlum terupdate atau ponsel yang kamu miliki belum melakukan update, masalah ini sering terjadi bagi beberapa pengguna whatsapp. Saat kamu mengalami hal sepereti ini, ada baiknya untuk mengecek apakah ponsel atau whatsapp yang kamu gunakan sudah update atau belum.

Cara Mengatasi Notifikasi WA Tidak Muncul

4. Perbaharui WhatsApp

Jika kamu jarang memperbaharui Whatsapp, mungkin akan mengalami masalah yang berkaitan dengan fungsi whatsapp. Hal ini mungkin termasuk saat kamu tidak menerima pemberitahuan di Whatsapp, akan mengalami masalah pada panggilan telepon atau masalah notifikasi.

Untuk hal ini kamu perlu mengecek Play Store untuk mengetahui penyebabnya dan melihat apakah whatsapp sudah terupdate atau belum. Selain itu kamu juga dapat menghindari masalah ini dengan mengaktifkan pengaturan pembaharuan otomatis, berikut cara mengaktifkan pengaturan pembaruan otomati:

  • Dari menu, pilih Pengaturan Play Store.
  • Buka preferensi jaringan dan pilih perbarui applikasi otomatis.
  • Untuk mengizinkan Google Play Store memperbarui applikasi, kamu dapat memilih melalui jaringan atau WiFi.

5. Nyalakan Notifikasi WhatsApp di Pengaturan

Jika kamu menggunakan android mungkin dapat menonaktifkan notifikasi untuk applikasi apapun yang menurut kamu mengganggu. Kemungkinan kamu sudah menonaktifkan applikasi whatsapp sehingga tidak menerima notifikasi, meskipun menerima notifikasi dari beberapa applikasi lainnya. Berikut cara mengetahui apakah kamu menyalakan notifikasi atau meninaktifkannya:

  • Arahkan ke bagian manajemen applikasi.
  • Buka daftar applikasi.
  • Pilih whatsapp dari daftar applikasi.
  • Kilk kelola notifikasi. 

Disini kamu dapat mengontrol jenis notifikasi Whatsapp yang ingin kamu terima.

Beberapa masalah di whatsapp tentu akan membuat kita menghambat melakukan komunikasi perpesanan atau telfon, tetapi kamu tak perlu khawatir karena masalah ini dapat diatasi dengan mudah. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading