Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Iri Hati dalam Pertemanan yang Perlu Kamu Hilangkan

Fimela.com, Jakarta Kita semua tentu pernah merasakan iri dengan orang lain, tidak peduli seberapa besar kita ingin percaya bahwa kita sedang berada di atas orang tersebut. Terkadang iri hati merupakan salah satu perasaan yang cukup kompleks yang dapat kita rasakan dan berasal dari keinginan yang mendasar atau beberapa keinginan yang dimiliki oleh orang lain yang belum tercapai bagi kita.

Perasaan iri hati merupakan sebuah respon terhadap orang lain yang sudah memiliki kesuksesan, keterampilan, atau kali tas yang kita inginkan terkadang hal ini akan membuat perasaan kita kekurangan dan selalu membandingkan dengan orang tersebut. Ketika kita cemburu dengan persahabatan tentu akan mengalami ketegangan dan konflik yang cukup signifikan, padahal persahabatan sendiri dibangun atas dasar kepercayaan dan dukungan timbal balik sehingga akan jarang muncul rasa iri hati dan kecemburuan.

Terkadang lagi kita akan sulit untuk mempercayai seorang teman ketika mereka Mendag akan yang terbaik untuk kita, beberapa orang ternyata memiliki rasa iri hati dengan teman lainnya dalam titik hidup mereka. Berikut beberapa penyebab hati yang mungkin kamu alami saat ini:

1. Uang

Uang bukanlah segalanya, akan tetapi beberapa hal yang kita inginkan membutuhkan uang. Ternyata beberapa orang terkadang memendam perasaan iri hati karena faktor uang, mungkin ketika kamu memiliki circle dan ada yang lebih kaya dan beberapa lainnya hidup lebih sederhana untuk akan memberikan pengaruh persahabatan. Dalam strata keuangan terkadang seseorang akan menyadari betapa teman lainnya lebih banyak memiliki uang.

2. Status Hubungan

Jika kamu menemukan pasangan yang romantis, perhatian, dan menjadi prioritasmu tetapi ada beberapa orang yang memiliki status hubungan yang tidak sama sepertimu tentu akan memicu perasaan iri hati yang mendalam. Atau mungkin ketika persahabatan kalian ada salah satu orang yang memiliki pasangan tetapi beberapa tidak memiliki pasangan terkadang akan menimbulkan rasa iri hati, dan mulai bertanya “mengapa dia mendapatkan pasangan yang romantis, baik, dan perhatian sedangkan saya belum mendapatkan sama sekali?”.

Hal ini tentu akan buat kamu berfikir apakah karena saya kurang cantik? Atau karena dia memiliki pekerjaan tetap? Dan lebih banyak pertanyaan lainnya yang membuat diri kamu semakin terpojok.

3. Kesuburan dan Anak

Kesuburan bisa menjadi salah satu pemicu kecemburuan yang sangat provokatif dalam persahabatan diantara perempuan berusia 20 hingga 40 tahun, hal ini dikarenakan ada beberapa perempuan yang memiliki anak lebih lambat daripada dimasalalu. Terlebih jika kamu dan sahabatmu sudah menikah tentu ketika ada salah satu diantara kalian yang belum memiliki anak akan menimbulkan rasa iri hati.

4. Daya Tarik Fisik

Pemicu kecemburuan atau iri hati yang sering kita alami yaitu daya tarik fisik, terkadang kita akan beranggapan bahwa seseorang yang akan lebih menarik mereka lah yang beruntung.

Meskipun daya tarik menjadi salah satu kecemburuan di usia dewasa dan remaja, tetapi hal ini juga dapat memicu kecemburuan dalam persahabatan di usia 40 tahun dan seterusnya, terutama jika berada di lingkungan sosial di mana penampilan sangat di hargai

5. Tubuh atau Berat Badan

Jika kamu jarang berolahraga untuk akan sulit untuk mendapatkan berat badan yang ideal, mungkin kamu tidak pernah memahami seberapa penting dan besar kelebihan berat badan dapat mempengaruhi harga diri seseorang.

Bagi seseorang yang merasa tidak nyaman dengan berat badannya dan memiliki teman dekat yang kurus atau ideal tentu dapat memicu kecemburuan dan iri hati yang cukup mendalam.

Contoh halnya seperti teman kamu yang memiliki badan kurus atau ideal meskipun mereka makan banyak tetapi mereka jarang bertambah berat badannya, sedangkan kamu ketika makan sedikit lebih mudah untuk bertambah berat badan.

6. Karir

Terkadang kita tidak iri dengan kesuksesan profesional seorang teman akan tetapi cenderung iri pada teman yang sukses dan menghasilkan lebih banyak uang. Akan tetapi memiliki teman dalam professi yang sama dan lebih sukses dapat memicu kecemburuan yang cukup serius.

7. Media Sosial

Ternyata media sosial dapat menyebabkan perasaan iri hati yang cukup kuat, hal ini masuk akal karena setiap hari kita akan melihat media sosial setelah bangun tidur hingga tidur kembali. Ketika kita memposting foto yang paling bahagia atau sedang jalan jalan ke pantai, bersama teman atau pasangan tentu dapat membuat seseorang mengalami kecemburuan terhadap aktivitas dan gaya hidup.

Rasa kecemburuan atau iri hati akan selalu menjadi bagian dari persahabatan atau pasangan dan hal ini merupakan sifat manusia. Pada dasarnya hati merupakan sebuah persaingan karena di video lalu menavigasi dan mencoba untuk memenuhi kebutuhan utamanya. Semakin kamu merasa puas dengan pencapaian kamu saat ini, dalam hal sosial, keuangan, pasangan, kasih sayang, hobi, dan lainnya tentu akan semakin sedikit rasa iri hati yang kamu rasakan terhadap siapa pun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading