Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Kehabisan Semangat Hidup

Fimela.com, Jakarta Kehilangan semangat hidup bisa membuat kita merasa kebingungan. Masih ingin melanjutkan hidup, tapi rasanya sudah tidak punya harapan. Membuat kita merasa terjebak di sebuah kotak yang menyesakkan.

Dengan masalah yang datang silih berganti, kita bisa merasa kehabisan banyak energi. Kita kehabisan semangat hidup dan tak berdaya lagi. Untuk melangkah ke depan pun rasanya sudah tak sanggup lagi. Saat kehabisan semangat hidup, apa yang perlu kita lakukan?

 

1. Keluarkan Semua Ketidaknyamanan

Menangis, bersedih, dan berduka bisa dilakukan untuk membantu kita mengeluarkan rasa tidak nyaman. Biasanya ketika kehabisan semangat hidup, kita sudah tidak punya energi lagi. Namun, masih ada ganjalan di dalam diri yang perlu dikeluarkan. Jadi, izinkan diri untuk mengeluarkan semua rasa tidak nyaman itu, dan pastinya jangan sampai melukai diri sendiri ya.

2. Terima Perubahan yang Ada

Kehabisan semangat hidup biasanya beriringan dengan terjadinya sebuah fase perubahan. Melansir laman Psychcentral, ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengingat kesuksesan di masa lalu bisa meningkatkan harapan untuk masa depan. Saat merasa kehilangan harapan hidup, coba ingat lagi momen perubahan positif yang pernah terjadi di dalam hidup. Supaya kita bisa punya energi baru untuk kembali melangkah.

 

3. Selesaikan Persoalan Satu per Satu

Merasa kehabisan energi karena dihadapkan pada banyak masalah? Coba tuliskan semua persoalan dan problema yang ada. Lalu, selesaikan satu per satu. Kerjakan dan tuntaskan persoalan dari yang paling mudah lebih dulu.

4. Coba Temukan Kekuatan dari Sisi Spiritualitas

Spiritualitas adalah perasaan keterhubungan dengan sesuatu yang lebih besar dari diri kita sendiri. Kita bisa mencoba menemukan kekuatan dari sisi spiritualitas kita sendiri. Menemukan koneksi atau ikatan dengan yang lebih besar dari kita bisa meluruhkan perasaan kesepian dan sendirian. Sehingga kita bisa kembali menguatkan diri untuk melangkah lagi.

5. Bangun Support System

Bisa dari anggota keluarga, pasangan, sahabat, teman, atau kolega. Kita bisa membangun support system dari orang-orang yang selama ini dekat dan selalu ada untuk kita. Kalau pun belum ada orang lain yang bisa diandalkan atau dijadikan support system, kita bisa coba menggali potensi dalam diri untuk menemukan kelebihan baru diri kita.

Semoga bagi yang saat ini sedang kehabisan semangat hidup bisa perlahan melangkah kembali ke depan. Apa pun kesulitan yang sedang dihadapi saat ini, yakinlah ada kemudahan yang akan segera menyambutmu di depan.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading