Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Diri dan Tenang Menyikapi Orang yang Membencimu

Fimela.com, Jakarta Kita tak bisa mengontrol sikap dan perilaku semua orang di sekitar kita. Ada orang yang menyukai kita. Ada juga yang membenci kita. Bersama orang yang menyukai kita, kita bisa ikut merasa bahagia. Namun, bersama orang yang membenci kita, kita bisa merasa sedih dan tak nyaman.

Menyikapi orang yang membenci kita kadang bisa cukup rumit. Kita ingin menjaga hubungan baik, tapi sulit untuk mengubah watak atau ego orang yang membenci kita. Di sini, kita perlu berusaha untuk tenang dengan tetap berupaya untuk menguatkan diri sendiri menyikapinya. Ada beberapa cara yang bisa kita coba dalam menghadapi orang yang membenci kita tanpa membesar-besarkan masalah.

 

1. Cari Tahu Akar Masalahnya

Bila memungkinkan, kita bisa coba cari tahu akar masalahnya. Cari tahu penyebab utama kenapa seseorang membenci kita. Kalau memang ada hal yang perlu kita perbaiki, maka kita bisa introspeksi diri. Namun, kalau alasan seseorang membenci kita tidak masuk akal, maka itu adalah masalahnya sendiri.

2. Tidak Perlu Merespons

Saat seseorang berusaha memancing amarah kita, kita tak perlu terlalu memedulikannya. Tak perlu meresponsnya. Abaikan saja. Daripada menghabiskan energi dan waktu untuk seseorang yang tak penting, mending kita alihkan energi tersebut untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif.

 

3. Buktikan Kelebihan Diri

Salah satu cara terbaik untuk membungkamn orang yang membencimu adalah dengan bersinar menggunakan caramu sendiri. Biarlah dia berkata apa sesuka hatinya. Sementara kamu bisa fokus melakukan hal-hal yang menjadi kehebatan atau kelebihan dirimu. Buat pencapaian atau ciptakan karya terbaikmu. Dari sini, kamu bisa makin percaya diri dan tak mudah ciut dengan omongan negatif orang lain.

4. Menjaga Jarak

Menjaga jarak bisa menjadi salah satu cara aman dalam menyikapi orang yang membencimu. Daripada menyulut konflik jadi lebih besar, kadang kita perlu menjaga jarak demi kedamaian hati. Bagaimana pun, kedamaian dan ketenangan hatimu tetap jadi prioritas utama.

 

5. Berbahagialah dengan Caramu Sendiri

Biarlah yang membenci tetap membenci. Kamu bisa lebih fokus hadirkan kebahagiaan untuk dirimu sendiri. Hidupmu pun bisa lebih tenang dan damai dengan menggenggam kebahagiaanmu sendiri. Kita tak harus menyenangkan hati semua orang juga kan, ya.

Semoga hatimu senantiasa dikuatkan dan jiwamu bisa tetap tenang, ya. Serta tetaplah jadi orang baik, tak perlu ikut jadi pembenci juga.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading