Sukses

Lifestyle

Siapa yang Jadi Negara Paling Pintar di Asia Tenggara?

Fimela.com, Jakarta Asia Tenggara terdiri dari 11 anggota negara. Terdiri dari Brunei Darussalam, Indonesia, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste dan Vietnam.

11 negara yang masuk dalam wilayah Asia Tenggara terletak berdampingan dalam satu pulau, kecuali Filipina, Indonesia, Brunei Darussalam dan Timor Leste. Meski terletak berdekatan, nyatanya ke-11 negara memiliki demografis yang beragam.

Mulai dari jumlah penduduk, budaya, hingga tingkat kepintaran penduduknya. Dikutip dari konten YouTube Data Patata, terdapat daftar peringkat negara paling pintar di Asia Tenggara berdasarkan IQ rata-rata pada 2021.

Singapura menjadi negara paling pintar di Asia Tenggara pada 2021. Dari data tersebut, terungkap Singapura memiliki nilai IQ rata-rata 108 dari 5,9 juta penduduknya. Bahkan Singapura juga menempati urutan pertama IQ rata-rata di dunia.

 

Peringkat negara paling pintar di Asia Tenggara

Di bawah Singapura terdapat Vietnam sebagai peringkat kedua. Vietnam memiliki selisih angka rata-rata IQ yang cukup jauh dari Singapura, yakni 94 dengan jumlah penduduk 98,3 juta.

Sementara itu di peringkat ketiga ada Malaysia dengan IQ rata-rata 92 dari 32,8 juta penduduk.

Lantas, Indonesia berada di urutan ke berapa?

 

Peringkat Indonesia

Indonesia berada di urutan ke delapan sebagai negara paling pintar di Asia Tenggara. Rata-rata IQ penduduk Indonesia adalah 87 dengan jumlah penduduk 276,8 juta.

Untuk bisa menentukan negara mana yang paling pintar sebenarnya ditentukan oleh banyak faktor. Seperti ditulis dalam studi 2019 yang bertajuk The Intelligence of Nations karya Richard Lynn dan David Becker, menentukan negara mana yang paling pintar di dunia berdasarkan tingkat rata-rata IQ masyarakatnya.

Selain itu, fasilitas pendidikan yang ada di sebuah negara juga turut memengaruhi IQ masyarakatnya. Semakin baik fasilitas pendidikan yang memiliki tentu akan meningkatkan tingkat kecerdasan masyarakatnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading