Sukses

Lifestyle

Hari Bumi: Ketahui 10 Masalah Lingkungan Terbesar Tahun 2022

Fimela.com, Jakarta Setiap tahunnya tanggal 22 April seluruh dunia memeringati Earth Day atau Hari Bumi. Peringatan ini untuk mengingatkan kembali kesadaran manusia lebih peduli lagi terhadap lingkungan yang kita tinggali ini.

Tahun ini, Hari Bumi 2022 mengusung tema "Invest in Our Planet", di mana mengajak untuk menjaga kelestarian lingkungan sebagai bagian dari investasi di masa depan.

Isu lingkungan dan perubahan iklim masih menjadi sorotan dan gerakan yang terus digaungkan. Hal ini dikarenakan krisis iklim semakin cepat pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya. 

Sementara krisis memiliki banyak faktor yang berperan dalam memperburuknya, ada beberapa yang memerlukan perhatian lebih daripada yang lain. 

Berikut adalah beberapa masalah lingkungan terbesar dalam hidup kita, melansir earth.org.

1. Pemanasan Global Dari Bahan Bakar Fosil

CO2 PPM (bagian per juta) berada di 418 dan kenaikan suhu global adalah 1,1 derajat Celcius dibandingkan dengan tingkat pra-industri.

Peningkatan emisi gas rumah kaca telah menyebabkan suhu meningkat, yang menyebabkan peristiwa bencana di seluruh dunia – dari Australia dan AS mengalami beberapa kebakaran hutan paling dahsyat yang pernah tercatat, belalang berkerumun di beberapa bagian Afrika, Timur Tengah dan Asia, menghancurkan tanaman.

Para ilmuwan memperingatkan bahwa planet ini telah melewati serangkaian titik kritis yang dapat memiliki konsekuensi bencana, mikroplastik ditemukan di es Antartika untuk pertama kalinya, gelombang panas di Antartika yang melihat suhu naik di atas 20 derajat untuk pertama kalinya, peringatan memajukan pencairan permafrost di wilayah Arktik, lapisan es Greenland mencair pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, meningkatkan deforestasi di hutan hujan Amazon, peringatan polusi udara yang memperburuk penyebaran COVID-19.

China mengalami banjir terburuk di beberapa dekade, tingkat metana naik ke rekor tertinggi, runtuhnya lapisan es utuh terakhir Kanada, sebuah taman nasional di AS yang mencatat suhu tertinggi yang pernah tercatat di Bumi, 13% kematian di UE terkait dengan berbagai bentuk polusi, sebuah laporan mengatakan bahwa ukuran populasi satwa liar telah mengalami penurunan rata-rata 68% sejak 1970 dan kebakaran hutan yang memecahkan rekor di California yang menghalangi sinar matahari – dan ini hanyalah sebagian kecil dari kejadian tersebut.

Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa bahkan jika semua emisi gas rumah kaca dihentikan pada tahun 2020, pemanasan global hanya akan berhenti sekitar tahun 2033. Sangat penting bagi kita untuk mengurangi emisi gas rumah kaca; untungnya, tahun ini akan melihat serapan tertinggi proyek energi terbarukan di seluruh dunia.

2. Tata Kelola yang Buruk

Menurut ekonom seperti Nicholas Stern, krisis iklim adalah akibat dari berbagai kegagalan pasar.

Ekonom dan pemerhati lingkungan telah mendesak pembuat kebijakan selama bertahun-tahun untuk menaikkan harga kegiatan yang mengeluarkan gas rumah kaca yang kekurangannya merupakan kegagalan pasar terbesar, misalnya melalui pajak karbon, yang akan merangsang inovasi dalam teknologi karbon.

Pajak karbon nasional saat ini diterapkan di 27 negara di seluruh dunia, termasuk berbagai negara di Uni Eropa, Kanada, Singapura, Jepang, Ukraina, dan Argentina. Namun, menurut laporan Penggunaan

3. Sampah makanan

Sepertiga dari makanan yang dimaksudkan untuk konsumsi manusia sekitar 1,3 miliar ton terbuang. Ini cukup untuk memberi makan 3 miliar orang. Limbah dan kerugian makanan menyumbang 4,4 gigaton emisi gas rumah kaca setiap tahun; jika itu sebuah negara, limbah makanan akan menjadi penghasil gas rumah kaca tertinggi ketiga, di belakang Cina dan AS.

Pemborosan dan kehilangan makanan terjadi pada tahap yang berbeda di negara berkembang dan negara maju; di negara berkembang, 40% sisa makanan terjadi di tingkat pasca panen dan pengolahan, sedangkan di negara maju, 40% sisa makanan terjadi di tingkat ritel dan konsumen.

Di tingkat ritel, jumlah makanan yang terbuang sia-sia karena alasan estetika; faktanya, di AS, lebih dari 50% dari semua produk yang dibuang di AS dilakukan karena dianggap “terlalu jelek” untuk dijual kepada konsumen - ini berjumlah sekitar 60 juta ton buah dan sayuran. Hal ini menyebabkan kerawanan pangan, salah satu masalah lingkungan terbesar dalam daftar.

4. Kehilangan Keanekaragaman Hayati

Selama 50 tahun terakhir telah terlihat pertumbuhan pesat konsumsi manusia, populasi, perdagangan global, dan urbanisasi, yang mengakibatkan umat manusia menggunakan lebih banyak sumber daya Bumi daripada yang dapat diisi ulang secara alami.

Laporan WWF baru-baru ini menemukan bahwa ukuran populasi mamalia, ikan, burung, reptil, dan amfibi telah mengalami penurunan rata-rata 68% antara tahun 1970 dan 2016.

Secara lebih luas, analisis baru-baru ini menemukan bahwa kepunahan massal keenam satwa liar di Bumi semakin cepat. Lebih dari 500 spesies hewan darat berada di ambang kepunahan dan kemungkinan besar akan hilang dalam waktu 20 tahun; jumlah yang sama hilang selama satu abad terakhir. Para ilmuwan mengatakan bahwa tanpa perusakan alam oleh manusia, tingkat kehilangan ini akan memakan waktu ribuan tahun.

5. Polusi Plastik

Sebuah laporan oleh jurnal sains, Nature, menetapkan bahwa saat ini, sekitar 11 juta ton plastik masuk ke lautan setiap tahun, merusak habitat satwa liar dan hewan yang hidup di dalamnya. Penelitian menemukan bahwa jika tidak ada tindakan yang diambil, krisis plastik akan tumbuh menjadi 29 juta metrik ton per tahun pada tahun 2040. Jika kita memasukkan mikroplastik ke dalam ini, jumlah kumulatif plastik di lautan bisa mencapai 600 juta ton pada tahun 2040.

Yang mengejutkan, National Geographic menemukan bahwa 91% dari semua plastik yang pernah dibuat tidak didaur ulang, tidak hanya mewakili salah satu masalah lingkungan terbesar dalam hidup kita, tetapi juga kegagalan pasar besar-besaran lainnya.

6. Penggundulan hutan

Setiap menit, hutan seluas 20 lapangan sepak bola ditebang.  Pada tahun 2030, planet ini mungkin hanya memiliki 10% hutannya;  jika deforestasi tidak dihentikan, semuanya bisa hilang dalam waktu kurang dari 100 tahun. 

Tiga negara yang mengalami tingkat deforestasi tertinggi adalah Brasil, Republik Demokratik Kongo dan Indonesia, namun Indonesia sedang menangani deforestasi, sekarang melihat tingkat terendah sejak awal abad ini.

7.  Polusi udara 

Salah satu masalah lingkungan terbesar saat ini adalah polusi udara luar ruangan.  Penelitian dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menunjukkan bahwa diperkirakan 4,2 hingga 7 juta orang meninggal karena polusi udara di seluruh dunia setiap tahun dan bahwa sembilan dari 10 orang menghirup udara yang mengandung polutan tingkat tinggi.   

Setelah pandemi COVID-19, perhatian diberikan pada peran gas polusi udara dalam mengangkut molekul virus.  Studi awal telah mengidentifikasi korelasi positif antara kematian terkait COVID-19 dan polusi udara dan ada juga hubungan yang masuk akal dari partikel di udara yang membantu penyebaran virus.  

Hal ini dapat berkontribusi pada tingginya angka kematian di China, di mana kualitas udara terkenal buruk, meskipun studi yang lebih definitif harus dilakukan sebelum kesimpulan seperti itu dapat ditarik.

6. Lapisan Es yang Mencair dan Kenaikan Permukaan Laut 

Krisis iklim memanaskan Arktik lebih dari dua kali lebih cepat dari tempat lain di planet ini.  Laut sekarang naik rata-rata 3,2 mm per tahun secara global, dan diperkirakan akan naik menjadi total 0,2 hingga 2m pada tahun 2100.

Di Kutub Utara, Lapisan Es Greenland menimbulkan risiko terbesar bagi permukaan laut karena pencairan es darat adalah penyebab utama  penyebab naiknya permukaan air laut. Menurut data satelit, lapisan es Greenland kehilangan rekor jumlah es pada tahun 2019: rata-rata satu juta ton per menit sepanjang tahun, salah satu masalah lingkungan terbesar yang memiliki efek mengalir.

7. Pengasaman laut 

Kenaikan suhu global tidak hanya mempengaruhi permukaan, tetapi juga merupakan penyebab utama pengasaman laut.  Lautan kita menyerap sekitar 30% karbon dioksida yang dilepaskan ke atmosfer bumi.  Karena konsentrasi emisi karbon yang lebih tinggi dilepaskan berkat aktivitas manusia seperti pembakaran bahan bakar fosil serta efek dari perubahan iklim global seperti meningkatnya laju kebakaran hutan, demikian juga jumlah karbon dioksida yang diserap kembali ke laut. 

Perubahan terkecil dalam skala pH dapat berdampak signifikan pada keasaman laut. Pengasaman laut dapat memiliki efek di seluruh ekosistem dan spesies laut, jaring makanannya, dan memicu perubahan kualitas habitat. Begitu tingkat pH mencapai terlalu rendah, organisme laut seperti tiram, cangkang dan kerangkanya bahkan bisa mulai larut. 

Namun, salah satu masalah lingkungan terbesar dari pengasaman laut adalah pemutihan karang dan hilangnya terumbu karang berikutnya.  Beberapa ilmuwan memperkirakan terumbu karang berisiko sepenuhnya terhapus pada tahun 2050.

Keasaman yang lebih tinggi di lautan akan menghalangi kemampuan sistem terumbu karang untuk membangun kembali kerangka luarnya dan pulih dari peristiwa pemutihan karang ini.

8. Pertanian

Penelitian telah menunjukkan bahwa sistem pangan global bertanggung jawab atas sepertiga dari semua emisi gas rumah kaca yang disebabkan manusia, dimana 30% berasal dari peternakan dan perikanan. Produksi tanaman melepaskan gas rumah kaca seperti dinitrogen oksida melalui penggunaan pupuk.

60% dari area pertanian dunia didedikasikan untuk peternakan sapi, meskipun hanya 24% dari konsumsi daging global.

Pertanian tidak hanya mencakup sejumlah besar lahan, tetapi juga mengkonsumsi sejumlah besar air tawar, salah satu masalah lingkungan terbesar dalam daftar ini. Sementara tanah yang subur dan padang penggembalaan menutupi sepertiga dari permukaan tanah Bumi, mereka mengkonsumsi tiga perempat dari sumber daya air tawar dunia yang terbatas.

Para ilmuwan dan pemerhati lingkungan terus menerus memperingatkan bahwa kita perlu memikirkan kembali sistem pangan kita saat ini; beralih ke pola makan nabati yang lebih banyak akan mengurangi jejak karbon industri pertanian konvensional secara dramatis.

9. Kerawanan Pangan dan Air

Meningkatnya suhu dan praktik pertanian yang tidak berkelanjutan telah mengakibatkan meningkatnya ancaman kerawanan air dan pangan dan menjadikan mantel sebagai salah satu masalah lingkungan terbesar saat ini.

Secara global, lebih dari 68 miliar ton lapisan tanah atas terkikis setiap tahun dengan kecepatan 100 kali lebih cepat daripada yang dapat diisi ulang secara alami. Dipenuhi dengan biosida dan pupuk, tanah berakhir di saluran air yang mencemari air minum dan kawasan lindung di hilir.

Selain itu, tanah yang terbuka dan tidak bernyawa lebih rentan terhadap erosi angin dan air karena kurangnya sistem akar dan miselium yang menyatukannya. Kontributor utama erosi tanah adalah pengolahan tanah yang berlebihan: meskipun meningkatkan produktivitas dalam jangka pendek dengan mencampurkan nutrisi permukaan (misalnya pupuk), pengolahan tanah secara fisik merusak struktur tanah dan dalam jangka panjang menyebabkan pemadatan tanah, kehilangan tanah. kesuburan dan pembentukan kerak permukaan yang memperburuk erosi tanah lapisan atas.

Dengan populasi global yang diperkirakan akan mencapai 9 miliar orang pada pertengahan abad, Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) memproyeksikan bahwa permintaan pangan global dapat meningkat 70% pada tahun 2050. Di seluruh dunia, lebih dari 820 juta orang melakukannya tidak cukup makan.

Dalam hal keamanan air, hanya 3% dari air dunia adalah air tawar, dan dua pertiganya tersimpan di gletser beku atau tidak tersedia untuk kita gunakan.

Akibatnya, sekitar 1,1 miliar orang di seluruh dunia kekurangan akses ke air, dan total 2,7 miliar orang mengalami kelangkaan air setidaknya selama satu bulan dalam setahun. Pada tahun 2025, dua pertiga populasi dunia mungkin menghadapi kekurangan air.

10. Fast Fashion dan Limbah Tekstil

Permintaan global untuk mode dan pakaian telah meningkat pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya sehingga industri mode sekarang menyumbang 10% dari emisi karbon global, menjadi salah satu masalah lingkungan terbesar di zaman kita. Fashion saja menghasilkan lebih banyak emisi gas rumah kaca daripada gabungan sektor penerbangan dan pelayaran, dan hampir 20% dari air limbah global, atau sekitar 93 miliar meter kubik dari pewarnaan tekstil, menurut Program Lingkungan PBB.

Terlebih lagi, dunia setidaknya menghasilkan sekitar 92 juta ton limbah tekstil setiap tahun dan jumlah itu diperkirakan akan melonjak hingga 134 juta ton per tahun pada tahun 2030.

Limbah pakaian dan tekstil yang dibuang berakhir di tempat pembuangan sampah, yang sebagian besar adalah non -biodegradable, sedangkan mikroplastik dari bahan pakaian seperti poliester, nilon, poliamida, akrilik dan bahan sintetis lainnya, terbawa ke dalam tanah dan sumber air terdekat. Sejumlah besar tekstil pakaian juga dibuang di negara-negara kurang berkembang seperti yang terlihat di Atacama Chili, gurun terkering di dunia, di mana setidaknya 39.000 ton limbah tekstil dari negara lain dibiarkan membusuk di sana.

Masalah yang berkembang pesat ini hanya diperburuk oleh model bisnis mode cepat yang terus berkembang, di mana perusahaan bergantung pada produksi pakaian berkualitas rendah yang murah dan cepat untuk memenuhi tren terbaru dan terbaru.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading