Sukses

Lifestyle

Ingatlah 7 Hal Ini saat Kamu Merasa Tidak Cukup Baik

Fimela.com, Jakarta Hidup tidak selamanya berjalan mulus dan sesuai dengan keinginan kita. Dalam menjalani kehidupan, akan muncul berbagai masalah, tantangan, dan hambatan yang dapat membuatmu merasa sedih, marah, terpuruk, bahkan membuatmu merasa tidak cukup baik. Tetapi, dari masalah, tantangan, dan hambatan yang muncul, kamu juga bisa menjadi pribadi yang lebih kuat dan lebih baik lagi untuk menjalani kehidupan.

Berikut adalah beberapa hal yang harus kamu ingat ketika hidup membuatmu merasa kamu tidak cukup baik.

1. Tak Perlu Membandingkan Diri

Terus membandingkan diri sendiri dengan orang lain sama saja dengan terus menyakiti dirimu sendiri. Di dunia ini, pasti akan selalu ada seseorang yang lebih unggul dari dirimu. Jika kamu terus membandingkan dirimu dengan orang yang lebih unggul dari dirimu, kamu akan mulai melupakan hal-hal dan pencapaian yang kamu miliki. Kamu akan terus merasa kurang dan tidak pernah puas, walaupun hal tersebut tidak sepenuhnya buruk. Perilaku tersebut akan menjadi buruk jika kamu berakhir memandang rendah dirimu sendiri karena hal-hal dan pencapaian orang lain yang lebih baik darimu. Jadi mulai saat ini, jangan terlalu keras pada dirimu sendiri. Berilah waktu untuk dirimu sendiri mengapresiasi pencapaian dan berbagai hal yang sudah kamu miliki.

Kamu memiliki kontrol atas pikiranmu

2. Tak Perlu Memandang Dirimu Lemah

Seringkali kita yang menjadi penyebab diri kita merasa tidak cukup baik. Berbagai pikiran dan pandangan negatif tentang diri sendiri sering mengambil alih pola pikir kita terhadap diri kita sendiri. Dari pikiran dan pandangan negatif tersebut, kamu pelan-pelan mulai tidak percaya diri dan tidak mencintai dirimu sendiri. Padahal, pikiran dan pandangan tersebut tidak sepenuhnya benar. Terlebih, kamu memiliki kontrol atas dirimu dan pikiranmu sendiri. Jangan pernah biarkan pikiran dan pandangan negatif tersebut membentuk dirimu menjadi seseorang yang kamu benci. Jangan percaya dengan pikiran dan pandangan negatif tersebut ketika kamu merasa terpuruk karena itu semua hanya ada di kepalamu.

3. Tak Perlu Merasa Terus Bersalah

Setiap manusia pasti memiliki kekurangan dan pernah melakukan kesalahan. Agar dapat terus melanjutkan hidup dengan bahagia, kamu harus menerima, mencintai, dan menghargai dirimu sendiri, terlepas dari kekurangan yang kamu miliki dan kesalahan yang pernah kamu perbuat. Tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini, jadi tidak ada yang salah dengan memiliki kekurangan karena selama ini kamu juga sudah berusaha untuk memperbaikinya. Kemudian, kesalahan yang pernah kamu perbuat terjadi di masa lalu dan tidak ada yaang bisa kamu perbuat dengan masa lalu. Walaupun menyakitkan, masa lalu berperan dalam pembentukan dirimu saat ini. Jadi mulai sekarang, terima, cintai, dan hargai dirimu sendiri. Kamu sudah cukup baik, bahkan sangat baik karena berhasil bertahan sejauh ini.

4. Tak Ada yang Salah dengan Terus Menjadi yang Terbaik

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, selama kamu terus berusaha untuk menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri, maka tidak ada yang perlu disesali atau disalahkan dari dirimu sendiri. Walaupun kamu memiliki berbagai kekurangan, tidak ada yang salah dari hal tersebut. Kamu sadar akan kekuranganmu dan kamu mau belajar dan berusaha untuk memperbaikinya. Walaupun membutuhkan waktu yang panjang, saat kamu terus berusaha untuk menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri, maka usaha tersebut yang harus kamu apresiasi. Jangan lupa untuk mengatakan terima kasih pada dirimu sendiri yang sudah dan masih terus belajar, berusaha, dan bertahan sejauh ini. Kamu sungguh keren!

Kamu berhak dicintai dan menerima hal-hal baik di hidupmu

5. Wajar Jika Kamu Merasa Tidak Puas dengan Hidupmu

Stephen Chbosky, seorang penulis terkenal, pernah mengatakan bahwa “We accept the love we think we deserve.”. Tolong ingat kata-kata tersebut saat kamu merasa terpuruk! Sangat wajar kita merasa tidak puas dengan diri kita sehingga kita mempertanyakan apakah kita pantas dicintai dan menerima berbagai hal yang kita miliki saat ini. Kenyataannya adalah kamu pantas dicintai dan menerima berbagai hal yang kamu miliki saat ini. Terlepas dari kesalahan yang pernah kamu perbuat dan kekurangan yang kamu miliki, kamu pantas mendapatkan cinta dan hal-hal tersebut. Jadi, jangan pernah halangi dirimu dari menerima cinta dan hal-hal lainnya, ya!

6. Ingatlah Tentang Pengalaman Masa Lalu

Pengalaman buruk yang membuatmu merasa tidak cukup baik dapat memengaruhi cara pandangmu terhadap kehidupan. Kamu akan terus terjebak di masa lalu dan mengkhawatirkan apa yang akan terjadi di masa depan. Bukannya membuat kita merasa lebih baik, hal tersebut hanya akan membuat kita merasa lebih buruk dan terpuruk. Agar kamu merasa lebih baik, tolong ingat bahwa kamu hidup di masa kini. Alih-alih terjebak pada masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan, kamu harus menikmati masa kini agar tidak muncul penyesalan di masa depan. Tidak ada yang bisa kamu lakukan dengan masa lalu dan masa depan, karena yang bisa kamu lakukan saat ini adalah menikmati masa kini.

7. Kamu Berharga

Hal terakhir yang harus kamu ingat adalah kamu berharga. Hanya ada satu dirimu di dunia ini, karena tidak ada orang lain yang seperti dirimu. Keluarga, teman, dan kerabatmu tidak akan menemukan sosok dirimu pada orang lain. Saat kamu berusaha untuk menjadi orang lain, maka hal tersebut sama dengan kamu yang ingin menghilangkan dirimu sendiri. Padahal, tidak akan ada orang lain yang bisa menjadi seperti dirimu. Jadi, jangan pernah berpikir untuk menghilang dan menyerah. Kamu sangat berhak untuk merasa takut, ragu, dan tidak nyaman karena perasaan-perasaan tersebutlaah yang membuatmu menjadi manusia. Tapi, kamu juga harus ingat bahwa kamu sangat berhak untuk merasa bahagia, bebas, dan bangkit dari perasaan-perasaan negatif tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading