Sukses

Lifestyle

Cara Mengatasi Rasa Sedih dalam Hati

Fimela.com, Jakarta Manusia memiliki hati dan pikiran untuk meresponi masalah ataupun hal-hal di luar dan di dalam diri manusia yang disebut dengan emosi. Terdapat lima pokok atau inti emosi dari manusia yaitu, marah, bahagia, jijik, takut, dan sedih. Lima emosi tersebut kemudian bercabang menjadi berbagai macam bentuk emosi lainnya seperti kecewa, cemas, putus asa, bangga, terkejut dan sebagainya.

Dengan adanya emosi dalam diri manusia, manusia dapat merespons berbagai kejadian dan masalah yang ada dalam kehidupan. Tidak jarang masalah atau kejadian tersebut akan membuat manusia merasa sedih. Ketika sedih, respon yang diberikan setiap orang untuk mengekspresikan rasa sedih tentunya akan berbeda-beda. Contohnya ada orang yang memilih untuk menangis, bertindak agresif, mengurung diri di zona nyaman seperti kamar, menjauh dari keramaian, dan lain sebagainya.

Terkadang terdapat beberapa hal yang malah merugikan diri sendiri ketika mengekspresikan rasa sedih kita terhadap keadaan. Hal-hal tersebut dapat berdampak pada kesehatan fisik maupun mental. Contohnya ketika sedih kamu cenderung untuk mengurung diri di kamar, jarang makan, jarang bersosialisasi, dan hanya tidur. Hal ini akan menimbulkan dampak buruk baik untuk kesehatan fisik maupun kesehatan mental.

Untuk itu, berikut adalah hal-hal yang dapat kamu lakukan dalam mengekspresikan rasa sedihmu hingga lega, namun tidak menimbulkan dampak buruk bagi dirimu sendiri atau orang lain.

Menerima rasa sedih

Dibandingkan kamu menolak atau denial terhadap diri sendiri ketika kamu merasa sedih, kamu dapat memulai dengan mengakui dan menerima keadaan dirimu yang memang sedang sedih. Dengan menerima rasa sedih tersebut, kamu dapat memulai untuk mengekspresikan rasa sedih tersebut dengan menangis sampai lega. Perlu diingat bahwa ketika kamu menangis, itu tidak membuat kamu terlihat lemah ataupun cupu karena menangis merupakan salah satu ekspresi dari rasa sedih. Untuk itu jika kamu memang ingin menangis, maka menangislah hingga lega.

Mengekspresikan rasa sedih dengan cara positif

Terdapat banyak cara dan ekspresi yang dapat kamu lakukan ketika kamu sedang sedih seperti menangis, melukis, membaca buku, bernyanyi, mendengarkan musik, menonton film, dan berbagai hal positif lainnya. Dibandingkan kamu terjerumus ke hal-hal negatif ketika kamu merasa sedih, ada baiknya kamu mencari berbagai ekspresi yang peacefull atau menenangkan ketika sedih.

Saat sedih kamu memang boleh mengekspresikannya dengan hal-hal seperti mengurung diri di kamar, marathon film, dan lainnya. Namun perlu diingat bahwa hidup terus berjalan sehingga kamu juga perlu untuk tetap makan makanan bergizi secara teratur, berolahraga dan mengatur pola tidur. jangan terus berlarut dalam kesedihan

Kamu juga dapat bercerita dengan orang lain jika kamu ingin berbagi dengan orang lain. Dengan kamu bercerita dengan orang lain tentang masalah atau hal yang membuatmu sedih tidak akan membuatmu menjadi seorang yang cupu ataupun lemah. Hal tersebut malah dapat menjadi penguatmu dengan kamu tetap berkomunikasi dengan orang lain dan menerima kekuatan dari orang lain. Seringkali ketika menyelesaikan masalah, kamu tetap perlu orang lain untuk membantu.

Jangan lupa untuk tetap kuat dan membuka berbagai langkah baru untuk menyelesaikan masalahmu karena hidup memang tidak selamanya cerah namun badai pasti berlalu.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading