Sukses

Lifestyle

9 Penyebab Rasa Malas yang Sering Menghantui Setiap Saat

Fimela.com, Jakarta Pernah mengalami hari dimana terasa sangat buruk, kacau, atau mungkih perasaan tertekan? Perasaan tersebut terkadang akan membuat kita bermalas-malasan untuk melakukan kegiatan. Ketika kamu sedang mengalami rasa malas daripada hari biasanya menandakan bahwa kamu tengah mengalami kesulitan atau pertanda ada sesuatu yang terjadi.

Mungkin akan ada banyak alasan mengapa kita sering merasa lelah, malas, mengantuk, atau lebih hal ini bisa jadi tanda bahwa tubuh menginginkan kamu untuk beristirahat. Perasaan malas tentu sangat wajar dialami oleh beberapa orang, tetapi bermalas-malasan bukan menjadi hal yang patut kamu manjakan.

Terkadang kita akan sering bertanya pada diri sendiri, bagaimana cara menghentikan rasa malas. Produktif mungkin menjadi jawaban dari cara untuk menghindari rasa malas, berikut beberapa penyebab rasa malas yang sering terjadi:

1. Kurang Motivasi

Alasan paling umum mengapa kita memiliki rasa malas adalah kurangnya motivasi, terkadang kita tidak dapat mencapai apapun tanpa adanya motivasi yang jelas dan tepat. Kita hanya perlu memotivasi diri sendiri untuk menghindari rasa malas, selain itu ketika tidak memiliki motivasi akan membuat beberapa pekerjaan atau tugas tidak terselesaikan dengan baik.

2. Tidak Memiliki Tujuan Hidup yang Spesifik

Selain kurangnya motivasi, pernahkah kamu berfikir tujuan kamu hidup untuk mendapatkan apa? Tujuan hidup sendiri yang akan selalu memotivasi kita untuk bekerja lebih jauh dan melangkah lebih jauh. Bayangkan jika kamu tidak memiliki tujuan hidup yang jelas? Rasa mala situ akan selalu berdampingan.

3. Takut Akan Tanggung Jawab dan Akuntabilitas

Beberapa orang terkadang takut untuk bertanggung jawab karena mereka menganggap diri sendiri yang tak berguna, mungkin kamu pernah bertemu dengan seseornag yang tidak ingin bertanggung jawab dengan kesalahan yang mereka lakukan.

4. Pilihan Gaya Hidup yang Buruk

Setiap orang tentu memiliki gaya hidup yang berbeda, ada yang memilikin rencana dan memikirkannya dengan matang tentu adapula yang tidak terencana dan sangat ceroboh. Seseorang yang yang melakukan gaya hidup tak terencana atau ceroboh tentu akan melakukan hal-hal yang sama dan tidak penting secara berulang.

Seperti halnya ketika kita selalu bermain media sosial, tentu media sosial merupakan salah satu wadah untuk kita menghabiskan banyak waktu. Hal ini terkadang justru membuat kita sibuk melakukan scrolling applikasi dan membiarkan pekerjaan yang sedang kita lakukan. Mulai sekarang ada baiknya untuk melihat gaya hidup yang tepat dan perbaiki apa yang menurut kamu buruk dan membuang terlalu banyak waktu.

5. Takut Gagal

Rasa takut merupakan hal yang sangat wajar ketika kita akan memulai melakukan sesuatu, apalagi saat kita berharap dengan mendapatkan sesuatu yang besar tentu aka nada bayangan untuk takut gagal. Ternyata rasa ketakutan untuk gagal bisa menjadi salah satu penyebab sebenarnya mengapa seseorang merasakan malas, beberapa orang terkadang tidak siap untuk mengambil risiko karena mereka tidak siap untuk tidak kehilangan apapun dihidupnya.

6. Depresi

Depresi juga bisa menjadi salah satu faktor kemalasan yang kita alami, dalam beberapa keadaan pikiran seseorang yang berbeda diantaranya tidak ingin melakukan pekerjaan apapun dan hanya ingin hidup berada di ruangan yang gelap. Orang tersebut terkadang tidak merasakan energi untuk semangat bekerja dan hanya berdiam diri, merasa bahwa tekanan yang mereka hadapi adalah ancaman dan sebuah keputus asaan untuk menyelesaikannya.

7. Keragu-Raguan

Hidup merupakan sebuah keputusan yang perlu dipertanggung jawabkan, setiap pemikiran orang tentu akan berbeda dan terkadang tidak dapat dibuat-buat untuk memutuskan sesuatu yang membawa mereka terkadang ke dalam kemalasan. Ragu atau perasaan yang bimbang untuk memilih sesuatu terkadang akan terus membayangi kita, hal inilah yang terkadang akan membuat seseorang merasakan kemalasan.

8. Pikiran yang Terganggu

Kita tidak akan pernah tahu beban yang setiap orang alami, saat kita merasakan hal-hal yang tidak berhubungan dalam pikiran maka akan membuat pekerjaan yang kita lakukan menjadi sangat terganggu. Semakin kita merasa sangat terganggu, maka akan semakin sedikit pekerjaan yang dapat kita selesaikan.

9. Lelah

Pekerjaan atau aktivitas apapun tentu membutuhkan mental, energy, semangat, serta pikiran yang jernih. Ketika kita sedang merasakan kelelahan maka akan membuka pikiran kita berfungsi dengan berbeda dan sulit untuk melakukan pekerjaan dengan efisien karena perasaan lelah.

Cara Menghentikan Rasa Malas

  • Menetapkan tujuan yang dapat diatur.
  • Menggunakan hal positif daripada self-talk negatif.
  • Membuat rencana.
  • Hindari gangguan yang menghambat.
  • Menjadikan tugas yang membosankan menjadi menyenangkan.

Akan ada banyak penyebab dari rasa malas yang terus menghantui keseharian kita dan yang perlu kita tahu adalah bagaimana kita dapat menghentikan rasa malas tersebut. Memiliki motivasi, mengatahui gaya hidup, dan menenentukan tujuan hidup merupakan salah satu hal yang dapat kamu lakukan untuk menghentikan rasa malas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading