Sukses

Lifestyle

5 Cara Bekerja Lebih Produktif tanpa Stres Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Produktivitas merupakan kemampuan untuk menghasilkan sesuatu. Bekerja dengan produktif bisa diartikan bekerja yang bisa menghasilkan sesuatu. Biasanya pekerjaan dilakukan dengan efektif dan efisien untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Selama ini kita mungkin sering mengalami stres karena masih kesulitan mengatur waktu dan jadwal untuk bekerja dengan produktif. Belum lagi dengan tekanan untuk memenuhi berbagai macam tenggat dan agenda lainnya, bekerja bisa terasa sangat melelahkan. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba untuk bekerja dengan produktif tanpa stres berlebihan. Yuk, simak uraiannya.

 

1. Miliki Buku atau Jurnal Kerja

Monitor rutinitas kerja kita dengan memiliki jurnal atau buku catatan. Kita bisa membuat jadwal harian, mingguan, atau bulanan Bisa juga mencatat setiap deadline yang ada dan target-target yang perlu dipenuhi. Kalau ada beban kerja yang besar, bagi jadi beberapa bagian dan atur waktu untuk menyelesaikannya secara bertahap agar tidak merasa kewalahan.

2. Buat Jadwal Istirahat yang Dibutuhkan

Menjaga produktivitas perlu diimbangi dengan menjadwalkan waktu untuk istirahat. Sebab tanpa istirahat yang cukup, kita hanya akan makin stres saat bekerja. Bisa disesuaikan dengan kebutuhan kita masing-masing. Contohnya, bagi yang sehari-hari bekerja di depan komputer atau laptop, coba untuk tiap 30 menit sekali, berdiri dan berjalan-jalan sejenak selama 5 menit untuk memperlancar aliran darah dan tidak mudah jenuh. Atur juga jadwal kapan waktu untuk makan siang atau menikmati waktu istirahat di antara jam kerja.

 

3. Mengondisikan Lingkungan Kerja 

Mengatur situasi dan lingkungan kerja yang minim distraksi akan sangat efektif untuk menjaga produktivitas kerja kita. Gloria Mark, seorang profesor di Department of Informatics di University of California menemukan bahwa untuk setiap interupsi, butuh waktu rata-rata 23 menit dan 15 detik untuk kembali fokus pada pekerjaan yang dilakukan. Bayangkan bila dalam bekerja kita mendapat banyak interupsi, maka kita akan butuh waktu lebih lama untuk bisa kembali bekerja. Jadi, punya tempat kerja yang nyaman bisa bantu jaga produktivitas kita.

4. Bila Memungkinkan, Hindari Multitasking

Melansir buku A Company of One, sebuah penelitian dari Microsoft Research menemukan bahwa fokus di lebih dari satu prioritas pada satu waktu bisa mengurangi produktivitas sebanyak 40%, yang secara kognitif setara dengan begadang semalaman. Penelitian yang dilakukan oleh Hewlett-Packard menemukan bahwa IQ karyawan yang terinterupsi oleh surel, panggilan telepon, dan pesan berkurang sebanyak lebih dari sepuluh poin. Kalau merasa multitasking terlalu melelahkan dan bikin kita kewalahan, maka coba untuk bagi waktu yang ada dengan melakukan satu prioritas atau satu tugas pada satu kurun waktu tertentu.

5. Atur Rutinitas yang Nyaman

Sebuah rutinitas sederhana bisa jadi semacam tombol ON yang membuat kita bisa langsung tergerak untuk langsung bekerja. Sebagai contoh, minum secangkir kopi bisa jadi penanda kita sudah siap bekerja. Maka, tiap kali ingin mengumpulkan semangat untuk bekerja dengan produktif, kita bisa menyiapkan secangkir kopi lebih dulu untuk dinikmati. Saat sudah merasa lebih nyaman, bekerja pun jadi lebih menyenangkan.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba agar bekerja bisa lebih produktif. Semoga infonya bermanfaat untuk Sahabat Fimela sekalian, ya.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading