Sukses

Lifestyle

4 Penyebab YouTube Tidak Bisa Dibuka di Smartphone dan Solusinya

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu mengalami youtube yang tidak dapat berfungsi? Youtube merupakan salah satu applikasi yang digunakan untuk menonton berbagai macam video dan dapat melakukan streaming.

Selain itu terkadang YouTube dapat tidak berfungsi hal ini juga dapat terjadi oleh banyak orang. Baik video yang mengalami buffering tanpa henti atau applikasi YouTube yang tidak dapat memuat.

Tetapi, kamu tak perlu khawatir karena masalah satu ini dapat kamu atasi dengan mudah. Berikut beberapa penyebab YouTube tidak dapat dibuka yang bikin kesal:

1. Applikasi yang Belum Diperbarui

Salah satu hal yang menyebabkan YouTube tidak dapat dibuka karena applikasi yang belum diperbarui, pada beberapa smartphone YouTube merupakan salah satu applikasi bawaan. Meskipun begitu, ternyata kamu tetap perlu melakukan perbaruan atau mengupdate YouTube ke versi yang baru.

Solusi : Hal yang dapat kamu lakukan adalah update applikasi di Play Store atau App Store pada smartphone yang kamu gunakan.

  • Android, buka Pengaturan dan cari Pembaruan Perangkat Lunak atau Pembaruan Sistem > Tentang Ponsel > Unduh atau Install.
  • IOS, buka Pengaturan > Umum > Pembaruan Perangkat Lunak > Unduh atau Install.

2. Data Applikasi yang Penuh

Selanjutnya, hal yang menyebabkan youtube tidak dapat dibuka adalah data applikasi yang penuh. Hal ini sering berkaitan dengan cache pada YouTube, banyak data yang tersimpan dan membuat applikasi tersebut memiliki data yang penuh.

Solusi : Saat kamu menggunakan applikasi YouTube beberapa tahun tentu akan mendapatkan banyak cache dan data yang menumpu serta menyebabkan masalah.

  • Andorid, buka Setelah > Applikasi > YouTube > Penyimpanan.
  • iOS, kamu dapat mencopot pemasangan dan memasang ulang YouTube.

3. Memori Internal Penuh

Selain itu, kamu juga perlu melihat berapa kapasitas memori internal yang tersisa pada smartphone. Jika memori internal sudah penuh tentu akan membuat beberapa applikasi sulit untuk dibuka, tidak hanya YouTube saja.

Solusi : Jika kamu memiliki masalah dengan memori internal yang penuh, hal yang dapat kamu lakukan adalah menghapus beberapa applikasi yang tidak kamu butuhkan atau mungkin menghapus foto maupun video lama.

4. Koneksi Internet

Mungkin salah satu hal yang membuat YouTube tidak dapat dibuka adalah beberapa koneksi internet yang buruk, ada beberapa penyebab yang membuat koneksi internet tidak stabil. Hal inilah yang terkadang akan membuat kita kesulitan untuk mengakses beberapa applikasi yang tersedia.

Solusi : Untuk mengatasi masalah ini kamu perlu melihat pengaturan yang ada pada smartphone, atau mencoba untuk mematikan dan nyalakan data agar memastikan koneksi internet stabil.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat membuat applikasi youtube tidak dapat dibuka di smartphone. Masalah satu ini terkadang kerap sekali terjadi, tetapi kamu tak perlu khawatir karena beberapa masalah ini dapat kamu atasi sendiri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading