Sukses

Lifestyle

7 Cara Membuat Bandana yang Lucu untuk Anak

Fimela.com, Jakarta Betapa lucunya kalau melihat anak perempuan menggunakan bandana. Mom bisa membuat bandana untuk anak menggunakan bahan yang sederhana. Cara membuat bandana tidak susah dan sangat mudah untuk dipelajari.

Bandana bisa membuat penampilan si kecil terlihat lebih cantik dan menggemaskan. Biasanya bandana dibuat menggunakan kain yang nyaman digunakan. Pastikan saat mengenakan bandana untuk anak, gunakan ukuran yang pas untuk ukuran kepala.

Sahabat Fimela bisa menggunakan kain perca untuk membuat bandana yang cantik. Jangan lupa untuk mengukur kepala anak terlebih dahulu sebelum menjahit bandana. Berikut cara membuat bandana untuk anak:

Cara Membuat Bandana

1. Pilih Bahan yang Nyaman

Cara membuat bandana yang pertama adalah memilih bahan yang tepat dan nyaman untuk anak. Sahabat Fimela bisa menggunakan bahan katun jepang maupun lokal, brukat halus, cotton combed atau bahan elastis. Pastikan memilih kain yang dapat menyerap keringat.

2. Pilih Model Bandana

Ada banyak model bandana yang dapat digunakan untuk membuat bandana. Jenis model bandana ada knitted bandana, ruched satin, braided bandana, twist bow bandana, knotted bandana dan lain sebagainya. Pilih model bandana yang lucu dan sesuai dengan keinginan.

3. Siapkan Alat dan Bahan

Setelah menentukan model bandana dan kain, siapkan alat dan bahan lainnya yang diperlukan untuk membuat bandana. Siapkan gunting, benang, jarum, lem tembak, meteran kain dan hiasan untuk bandana. Jika kain yang digunakan untuk membuat bandana teksturnya tidak elastis, gunakan karet untuk bandana di bagian belakang.

Cara Membuat Bandana yang Selanjutnya

4. Ukur Kepala

Gunakan meteran kain untuk mengukur kepala si kecil. Lalu jahitlah bandana sesuai dengan ukuran anak. Karena bandana yang terlalu sempit akan membuat anak menjadi tidak nyaman, dan kepala cepat pusing. Sedangkan bandana yang ukurannya terlalu besar akan mudah lepas dan terjatuh.

5. Memotong Kain dengan Ukuran yang Pas

Saat memotong kain, ukurlah dengan meteran kain pada setiap kain yang akan digunakan. Kain yang tidak dipotong sesuai ukuran akan membuat bentuk tidak sempurna. Jika masih belajar dalam memotong kain, Mom bisa membeli kain perca di toko kain secara langsung.

Cara Membuat Bandana yang Terakhir

6. Jahit dengan Rapi

Untuk menjahit bandana, gunakan mesin jahit agar hasilnya terlihat lebih rapi. Gunakan benang yang sesuai dengan warna kain. Kalau tidak punya mesin jahit, menjahit bandana dengan tangan pun tidak masalah.

7. Hiasi Bandana

Terakhir, agar bandana untuk anak terlihat lebih lucu, hiasin bandana dengan bahan jahit yang menggemaskan. Sahabat Fimela bisa menggunakan kancing bekas, aksesoris bunga , renda, brukat, pita, manik-manik dan lain sebagainya. Selamat mencoba dan berkreasi, ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading