Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Gampang Stres Hadapi Perubahan Hidup

Fimela.com, Jakarta Dalam hidup, kita akan dihadapkan pada sejumlah perubahan. Mengingat ada banyak fase yang akan kita alami dalam hidup, maka kita perlu selalu mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai hal tak terduga. Menghadapi sebuah perubahan hidup bisa memicu stres dan rasa tertekan, tetapi bukan berarti kita akan terus terpuruk dalam rasa tidak nyaman hadapi perubahan yang ada.

Perubahan hidup baik dalam bidang pendidikan, pekerjaan, atau hubungan bisa menghadirkan persoalan baru yang bikin kita tertekan. Agar tidak gampang stres menghadapi perubahan dalam hidup, ada sejumlah hal yang bisa kita coba. Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dicoba agar bisa lebih mudah beradaptasi hadapi perubahan hidup.

 

 

1. Menyesuaikan Prioritas Hidup

Saat kita bisa mengatur prioritas hidup dengan lebih baik, kita takkan mudah gampang stres hadapi perubahan demi perubahan yang ada. Perubahan hidup perlu diantisipasi dengan perubahan prioritas hidup agar tidak gampang tertekan. Mulai dari perkara pendidikan, pekerjaan, hingga persoalan keluarga, berbagai persoalan yang ada bisa kita atasi dengan lebih baik saat kita bisa dan mampu mengatur prioritas yang seimbang.

 

 

2. Meningkatkan Kemandirian

Meningkatkan kemandirian seperti berupaya untuk mandiri secara finansial bisa jadi bekal kita untuk kuat hadapi masalah hidup. Mandiri secara finansial akan sangat membantu kita untuk tidak gampang tertekan saat dihadapkan pada situasi yang jauh berbeda dari yang pernah dibayangkan. Sebab ketika tidak ada yang bisa diandalkan, diri kita sendirilah yang perlu memperkuat diri untuk menghadapi suatu persoalan.

 

 

3. Fokus pada Hal yang Masih Bisa Diupayakan

Kadang perubahan dalam hidup membuat kita kewalahan karena merasa tidak terima dengan perubahan yang ada. Untuk itu kita perlu bersikap realistis dengan berusaha untuk mengupayakan hal-hal yang masih bisa diusahakan atau diperbaiki dan merelakan hal-hal yang memang tak bisa diubah lagi. Maka dari itu, dengan bersikap realistis kita bisa dengan lebih mudah menata ekspektasi dan tidak gampang stres.

 

 

4. Memperkuat Tujuan Hidup

Saat kita sudah tahu apa yang kita mau dalam hidup, kita bisa lebih fokus untuk mencapainya. Setidaknya dengan memiliki tujuan hidup kita tak akan mudah gampang kehilangan arah. Kalau ada tantangan atau masalah baru pun, kita bisa segera menemukan solusi atau jalan keluar terbaik. Sehingga setiap perubahan yang akan kita jumpai kita sikapi dengan sudut pandang yang lebih positif lagi.

 

 

5. Menjaga Pola Hidup Sehat

Rajin berolahraga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga pola hidup sehat. Menjaga pola hidup sehat dapat membuat kita tidak gampang stres hadapi perubahan-perubahan hidup. Melansir laman my.clevelandclinic.org, olahraga terbukti sebagai pelepas stres yang ampuh. Olahraga aerobik terbukti dapat melepaskan endorfin, zat alami yang dapat membuat tubuh merasa lebih bugar dan positif, serta memudahkan kita mengendalikan stres. Sehingga ketika dihadapkan pada situasi atau perubahan baru dalam hidup, kita tak mudah tertekan.

Semoga apa pun perubahan dalam hidup yang kita hadapi bisa membantu kita untuk tumbuh dan berkembang jadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu. Terima kasih sudah berjuang hingga sekarang ini.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading