Sukses

Lifestyle

Desain Kompor yang Direkomendasikan untuk Cegah Terjadinya Kebakaran

Fimela.com, Jakarta Tidak bisa dipungkiri jika ledakan kompor menjadi salah satu faktor terjadinya kebakaran. Hal ini tentu menimbulkan trauma bagi ibu rumah tangga atau pengguna kompor secara reguler.

Di sisi lain, kompor sendiri juga merupakan alat esensial di dapur yang menunjang kebutuhan sehari-hari. Sehingga dibutuhkan jenis kompor yang tepat dan aman untuk digunakan sehari-hari. Sekaligus memiliki desain yang estetik agar senada dengan keseluruhan ruangan dapur.

Ada begitu banyak jenis kompor yang ditawarkan di Indonesia. Mulai dari kompor gas, kompor listrik, kompok minyak, kompor induksi, hingga kompor portable. Tidak jarang pilihan kompor yang banyak membuat masyarakat bingung harus menggunakan yang mana agar aktivitas masak menjadi lebih aman dan menyenangkan.

Menanggapi hal tersebut, MarkPlus Inc melakukan sejumlah riset terhadap tren pembelian kompor dan peralatan dapur, Dalam menentukan pilihan jenis kompor yang tepat, terdapat beberapa faktor yang ternyata dianggap penting, yakni keamanan, tampilan, dan fungsionalitas.

 

Standar keamanan kompor

Hasil survei menunjukkan bahwa keamanan produk yang memenuhi Standar Nasional Indonesia menjadi faktor penting dari hampir semua responden sebelum membeli kompor.

Badan Standarisasi Nasional sendiri memiliki beberapa standar untuk jenis kompor berdasarkan jenisnya. Tidak hanya mengatur soal fitur utama yang ada pada kompor, BSN juga mengatur soal standar pada selang karet, katup tabung gas, hingga regulator yang menjadi komponen penting dalam kompor.

Seperti misalnya ukuran selang karet, kekuatan terhadap letup, ketahanan panas, sistem penghantaran panas, dan masih banyak lagi.

Selain soal keamanan yang mengikuti standar, responden menganggap bahwa desain kompor lebih penting daripada fungsionalitas. Fungsionalitas ini meliputi api merata dan terbuat dari bahan yang tahan lama.

 

Pertimbangan kompor estetik

"Masyarakat sekarang jadi lebih berlomba-lomba mau dapurnya keliatan aesthetic. Sehingga desain kompor dianggap lebih penting daripada fitur-fitur inovatif yang sebenarnya cukup beragam ditawarkan oleh beberapa brand," kata Rhesa Dwi Prabowo selaku Principial MarkPlus Inc.

Melihat adanya pertimbangan estetika, desain kompor tidak hanya dilihat menarik secara individual melainkan juga dapat berpadu dengan peralatan dapur lainnya.

"Tren yang saat ini berkembang memang dapur modern minimalis. Jadi banyak yang mencari kompor dengan desain lebih simple dan membuat dapur terlihat lebih elegan secara keseluruhan. Pemilihan warna yang netral cenderung menjadi preferensi pembeli karena warna yang tepat dapat membantu pengguna membuat dapurnya terlihat lebih bersih," ucap Rhesa.

Berdasarkan hasil riset MarkPlus, Inc., salah satu brand kompor yang dianggap memiliki desain menarik dan cocok untuk dapur minimalis adalah Hock Indonesia. Selain menghadirkan kompor yang berpenampilan menarik, Hock Indonesia juga sedang ramai dibicarakan oleh masyarakat dari berbagai kalangan karena adanya program renovasi dapur gratis berjudul “Mewujudkan Dapur Impian Bersama Hock”. Program seperti ini dianggap baik oleh masyarakat karena brand dapat memberikan inspirasi dan gambaran nyata seperti apa tampilan produk kompor bila dipadukan dengan desain dapur yang sesuai.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading