Sukses

Lifestyle

Art Jakarta 2022 Telah Dibuka, Ini 9 Hal Menarik yang Tak Boleh Dilewatkan

Fimela.com, Jakarta Setelah sempat tertunda akibat pandemi Covid-19, Art Jakarta 2022 kembali digelar dan telah dibuka untuk masyarakat umum pada Jumat (26/8/2022). Berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, pameran yang didaulat menjadi pembuka pekan seni rupa internasional itu akan berlangsung hingga 28 Agustus 2022 mendatang.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid menyambut antusias gelaran Art Jakarta 2022. Pasalnya, pandemi selama dua tahun terakhir telah menimbulkan dampak besar terhadap ekosistem seni global. Dengan kembali digelarnya Art Jakarta, menjadi sinyal penting bagi pemulihan ekosistem seni rupa di Indonesia yang selama ini bergulat dengan kesulitan era pandemi.

“Ini menunjukkan bahwa seni rupa memainkan peranan pelopor dalam upaya pemulihan nasional. Semoga pameran ini memantik kita semua untuk menggali inspirasi artistik bagi kehidupan yang lebih berkelanjutan,” ujar Hilmar Farid dalam konferensi pers di JCC Senayan, (26/8/2022).

Dalam kesempatan ini, Art Jakarta untuk kelima kalinya kembali berkolaborasi dengan UOB Indonesia. Hal ini dikarenakan keduanya memiliki visi bersama untuk senantiasa menciptakan ekosistem seni kontemporer yang akan terus memberi warna pada komunitas seni.

“Melalui kolaborasi dengan Art Jakarta 2022, kami berharap dapat membuka kesempatan lebih luas bagi generasi muda untuk memahami dan mengapresiasi seni,” kata Maya Rizano, Head of Strategic Communications and Brand UOB Indonesia.

Tahun ini, Art Jakarta hadir dengan konsep baru dengan segmen-segmen menarik. Lebih lanjut, berikut ini beragam keseruan yang dapat dijumpai selagi mengunjungi Art Jakarta 2022. 

 

1. Art Jakarta Gallery

Berbeda dari tahun 2019, tahun ini Art Jakarta 2022 menghadirkan 62 galeri seni, yang terdiri dari 39 galeri dari Indonesia dan 23 galeri dari mancanegara (Asia Tenggara, Taiwan, Korea Selatan, dan Jepang). Segmen ini juga mempersembahkan galeri muda dan baru yang belum pernah mengikuti Art Jakarta sebelumnya. 

Sejumlah galeri yang disuguhkan Art Jakarta 2022 antara lain Andi’s Gallery, Art Agenda, Gajah Gallery, ISA, Art Gallery, Wei-Ling Gallery, dan masih banyak lagi.

2. Art Jakarta Spot

Art Jakarta Spot merupakan platform untuk presentasi istimewa suatu instalasi seni yang telah disesuaikan khusus untuk pekan seni ini. Tahun ini Art Jakarta Spot akan menghadirkan 15 karya seni yang telah terkurasi untuk dipamerkan di area publik pekan seni ini.

Salah satu instalasi seni yang mencuri perhatian di Art Jakarta Spot ini karya Nyoman Nuarta yang bertajuk “Poco Loco” atau yang disebut juga “The Train of Wishes”. Patung lokomotif yang dibuat secara menanjak  ini berusaha untuk mengirim pesan bergerak maju dalam hidup.

Selain itu ada pula instalasi seni karya Sang Soo-Lee yang menggambarkan binatang flamingo dua dimensi menjadi tiga dimensi ruang melalui konsep “Drawing in the air”. Atau karya benda tiga dimensi dari seri Artefak Gender karya Nindityo Adipurnomo.

3. AJX

AJX adalah prakarsa kolaboratif antara Art Jakarta dan institusi atau perusahaan swasta untuk menyajikan koleksi karya di hadapan publik luas di Art Jakarta. AJX akan menjadi kesempatan bagi khalayak untuk menyaksikan banyak karya seni untuk pertama kalinya

Di segmen ini, Art Jakarta berkolaborasi dengan UOB Indonesia untuk memamerkan karya-karya pemenang kompetisi Asia Tenggara dalam beberapa tahun terakhir di sebuah area khusus, UOB Art Space, termasuk lukisan pemenang dari Indonesia tahun 2021, Meliantha Muliawan.

Mitra kunci lainnya, Bibit, aplikasi investasi reksa dana yang sudah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), mempersembahkan karya oleh Marco Cassani. Karya ini bagian dari seri “Fountain”, suatu eksplorasi atas nilai-nilai transformatif koin yang dilemparkan ke dalam air mancur pura di Bali oleh pengunjung saat mengirimkan doa.

4. AJ1 

AJ1 adalah segmen baru untuk memfasilitasi galeri internasional dalam mempresentasikan pameran tunggal. Dengan adanya kesulitan bagi seniman internasional untuk beradaptasi dengan normal baru, Art Jakarta menciptakan kesempatan untuk memudahkan kehadiran internasional di pekan seni ini.

5. Bali Art Scene

Bali Art Scene adalah segmen baru yang dipersembahkan untuk galeri-galeri dari Bali, pulau yang sangat terhantam oleh pandemi beberapa tahun terakhir. Sebagai sorotan 4 khusus, Bali Art Scene akan menyajikan seniman-seniman kontemporer Bali. Segmen ini akan memungkinkan sekilas pandang pada apa yang sedang terjadi di kancah seni rupa Bali.

6. Art Jakarta NFT

Art Jakarta NFT adalah segmen yang dikhususkan untuk karya NFT dan komunitas NFT. Art Jakarta NFT pertama kali digagas dalam Art Jakarta Gardens dan akan diperluas lebih jauh dalam skala lebih besar, dengan aspirasi agar kolektor NFT dan kolektor konvensional dapat berinteraksi dan berkumpul bersama

Art Jakarta mempresentasikan dua proyek NFT tahun ini. Kolaborasi pertama, thisPLAY Studio, kolektif seniman Blanco Benz Atelier akan menyajikan kronika.exchange, sebuah black market virtual yang terdesentralisasi, dikemas dan dibentuk berdasarkan futurisme historis demi menjelajahi teknologi blockchain dan mekanisme barter sebagai proyek NFT eksperimental. 

Kolaborasi kedua, Work In Progress, adalah penampilan kolaboratif beberapa kreator NFT dari kolektif seniman Monday Art Club, yang didukung oleh launchpad Gaspack, untuk memperlihatkan praktik lintas disiplin di antara para kreator.

7. Scene

Scene adalah segmen khusus bagi kolektif seniman dan nirlaba untuk menggalang dana. Salah satu nilai yang dipegang oleh Art Jakarta adalah mendukung prakarsa yang membutuhkan format kreatif dalam penggalangan dana, khususnya dari mereka yang berada di luar kawasan Jakarta dan sekitarnya. Segmen ini, antara lain, akan menyajikan merchandise dan publikasi. 

 

8. Art Jakarta Play

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak, ada area bermain yang disediakan untuk mengasah kreativitas, kepekaan, dan imajinasi melalui beragam kegiatan, yakni melalui area Art Jakarta Play.

Tahun ini Art Jakarta mengundang pemenang kompetisi UOB Painting of the Year 2021, Meliantha Muliawan, untuk secara khusus merancang ruang ini dengan tujuan memperkenalkan kesadaran akan lingkungan alam bagi anak-anak. 

Di ruang ini, nantinya anak-anak bisa melukis di kaca akrilik untuk menjadi dekorasi dinding berupa kupu-kupu.

9. Art Jakarta Talk

Art Jakarta Talk adalah platfom antara ahli, pengamat, seniman, kolektor, dan kurator, untuk berbincang, berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada pengunjung. Dengan jajaran nama-nama tepercaya dan sosok-sosok menarik dalam kancah seni rupa, segmen ini akan menjadi bagian penting dari pekan seni. 

Sejak 2009, Art Jakarta telah menjadi salah satu barometer ekosistem seni rupa di kawasan Asia Tenggara. Selain sebagai ruang ekspresi dan apresiasi, kegiatan yang menghadirkan karya dari berbagai seniman terkurasi in juga diharapkan dapat mendukung geliat ekonomi kreatif Tanah Air.

“Semoga Art Jakarta tahun ini tidak hanya menjadi ajang yang memajukan dunia seni dan membuatnya menjadi berkelanjutan, tetapi juga bisa menjadi penyembuh dan penguat bagi dunia yang sedang berusaha bangkit kembali,” tutup Head of Division of MRA Media Mita Soedarjo, CEO MRA Group Maulana Indraguna Sutowo.

Bagi Sahabat Fimela yang tertarik ingin berkunjung ke Art Jakarta 2022, pembelian tiket dapat dilakukan secara online melalui situs artjakarta.com dengan harga Rp150 ribu. Pameran dibuka setiap pukul 13.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB. Informasi selengkapnya, kunjungi akun Instagram resmi di @artjakarta.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading