Sukses

Lifestyle

6 Self Care untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri

Fimela.com, Jakarta Hilang kepercayaan diri dapat memberi dampak buruk seperti menghambat perkembangan diri, tidak dapat melakukan komunikasi asertif dengan orang lain, dan tidak menghargai diri sendiri. Bila kepercayaan diri hilang, akan terasa sulit untuk mencintai dirimu sendiri.

Untuk meningkatkan kepercayaan diri agar lebih mudah mencintai diri sendiri, self care mungkin bisa jadi pilihan. Menjaga dan merawat diri bagi beberapa orang dapat memberi ketenangan dan kenyamanan. Saat merasa nyaman dengan diri sendiri, kepercayaan diri dapat terbangun. Berikut beberapa self care untuk meningkatkan kepercayaan dirimu.

1. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Membandingkan diri dengan orang lain mungkin hal yang banyak orang lakukan, namun perilaku ini malah menurunkan kepercayaan dirimu. Melansir dari Verywell Mind, hasil studi pada 2018 menemukan hubungan langsung kecemburuan saat membandingkan diri dengan orang lain. Semakin besar rasa iri pada orang lain, semakin buruk caramu memandang dirimu sendiri.

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hidup bukanlah kompetisi. Bersyukurlah atas apa yang dimiliki dan fokuslah pada diri sendiri.

2. Kelilingi Diri dengan Orang-orang yang Positif

Menghabiskan banyak waktu dengan orang lain dapat mempengaruhi pikiran dan sikap. Kelilingilah diri dengan orang-orang yang positif agar dirimu mendapat energi positif dari lingkunganmu. Karena kepercayaan diri dan sikap positif berjalan beriringan dan saling mempengaruhi.

3. Lakukan Perawatan Tubuh

Ketika dirimu melakukan hal yang positif terhadap pikiran, tubuh, dan jiwa secara alami dirimu akan percaya diri. Perawatan diri bisa menjadi salah satu caranya. Beberapa perawatan diri yang dapat diterapkan yaitu :

  • Mengonsumsi makanan sehat
  • Olahraga secara rutin
  • Relaksasi diri, bisa dilakukan dengan cara meditasi
  • Melakukan perawatan tubuh seperti mandi, merawat kulit, dan lainnya
  • Tidur yang cukup

4. Bersikap Baik Pada Diri Sendiri

Saat dirimu mengalami kegagalan atau kenyataan tak sesuai rencana, jangan benci dirimu. Maafkan dirimu dan berusahalah untuk memperbaiki diri. Tidak sempurna atau melakukan kesalahan adalah bagian dari menjadi manusia.

5. Hadapi Ketakutanmu

Berhentilah menunda sesuatu sampai dirimu siap melakukannya. Bila memiliki tugas di sekolah, kerjakan sesegera mungkin dan perlahan. Tak perlu memaksa diri atau menunda pekerjaan karena merasa tak sanggup mengerjakannya dengan sempurna. Hadapilah ketakutan yang berasal dari kepercayaan diri. 

6. Tau Kapan Harus Mengatakan Tidak

Mengatakan tidak pada sesuatu yang tidak disukai adalah cara untuk menghindari rasa percaya diri menurun. Saat seseorang memintamu melakukan sesuatu dan dirimu tidak menginginkannya, katakan ‘tidak’ dengan cara yang baik. Tidak ada yang salah dengan bersikap tegas dan membuat batasan akan diri sendiri. Menetapkan batasan sosial dan emosional secara psikologi akan membuatmu merasa aman yang berpengaruh pada peningkatan kepercayaan diri.

Tetaplah percaya diri bagaimana pun dirimu. Karena dirimu layak untuk dicintai. Tingkatkan kepercayaan diri dan cintai diri sendiri.

Penulis : Mufiidaanaiilaa Alifah S.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading