Sukses

Lifestyle

5 Bahan Alami yang Bisa Usir Nyamuk

Fimela.com, Jakarta Kehadiran nyamuk tentu saja membuat kita tidak nyaman dan merasa terganggu. Apalagi jika sudah menggigit kulit maka rasa bentol-bentol yang ditimbulkan memicu rasa gatal yang luar biasa. 

Biasanya kita memakai lotion anti nyamuk atau menyalakan obat nyamuk untuk menghalau serangga ini datang. Namun tidak ada salahnya untuk mencoba cara alami yang ampuh usir nyamuk.

Dikutip dari BalconyGardenWeb, berikut adalah 5 bahan alami yang bisa digunakan untuk mengusir nyamuk lengkap beserta cara penggunaannya. 

Sereh

Sereh memang sudah dikenal lama mampu mengusir nyamuk. Senyawa citronellol and geraniol yang ada pada sereh tidak disukai nyamuk sehingga efektif untuk menghalaunya. Terdapat 2 cara menggunakan sereh ini. 

Menghancurkan daunnya dan langsung dioleskan di kulit.Rebus sereh hingga airnya berwarna lalu didiamkan semalaman. Air rebusan sereh ini bisa dimasukkan ke alat semprot dan langsung bisa dijadikan semprotan pengusir nyamuk.

Kemangi

Bau yang dihasilkan dari kemangi juga tidak disukai oleh nyamuk. Caranya adalah dengan membakar beberapa tangkai kemangi beserta daunnya agar di sekitar rumah. Nyamuk pun tidak berani mendekat.

Rosemary

Selain digunakan dalam masakan, Sahabat Fimela juga bisa memanfaatkan rosemary untuk mengusir nyamuk loh. Caranya sama dengan kemangi di atas. Cukup bakar rosemary kering dan rumah kamu pun bebas nyamuk sebab asap yang dihasilkan dari bakaran ini tidak disukai nyamuk.

Catnip

Catnip, tanaman yang sempat viral karena mambu bikin kucing mabuk kepayang ini juga berguna untuk mengusir nyamuk, loh. Catnip memiliki senyawa kimia yang disebut nepetalactone, salah satu hal yang paling dibenci nyamuk. Cara menggunakannya adalah dengan mengisi toples dengan minyak zaitun dan daun catnip cincang, jangan lupa aduk rata. Kemudian simpan di tempat gelap yang sejuk selama 6-8 minggu, dan gunakan sebagai semprotan pengusir nyamuk atau bisa juga dioleskan langsung ke kulit. Kamu bisa mulai membuat cairan ampuh ini ketika akan masuk musim penghujan tiba dimana nyamuk akan berkembang biak lebih banyak daripada biasanya.

Lavender

Bahan lavender banyak sekali ditemukan di produk-produk pengusir nyamuk. Hal ini memang disebabkan aroma dari lavender yang kita suka mengandung linalool 93% mampu mengusir nyamuk. Caranya pun sama seperti memanfaat catnip, yaitu dengan merendam potongan daun dan bunga lavender ke dalam minyak zaitun dan membiarkannya selama 4-5 minggu. Kemudian cairan tersebut dimanfaatkan sebagai semprotan anti nyamuk atau dioleskan ke kulit.

Sahabat Fimela bebas memilih dari kelima tanaman di atas untuk mengusir nyamuk. Selain ramah lingkungan, menggunakan bahan alami sebagai obat memiliki lebih sedikit efek samping.

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading