Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Seseorang Tidak Percaya Diri yang Kerap Terjadi

Fimela.com, Jakarta Rasa percaya diri tentu dibutuhkan oleh setiap orang, kepercayaan diri dapat membuat seseorang lebih berekspresi untuk melakukan suatu hal. Tak hanya itu kepercayaan diri dapat membuat seseorang lebih yakin atas kemampuan dalam dirinya.

Rasa percaya diri yang terdapat pada diri sendiri tentu membuat seseorang mampu untuk berfikir positif dan lebih mempercayai value dalam diri. Akan tetapi, tidak semua orang memiliki rasa percaya diri.

Terkadang rasa tidak percaya diri akan muncul ketika seseorang merasa tidak yakin terhadap diri sendiri. Berikut beberapa penyebab seseorang tidak percaya diri yang perlu kamu tahu:

1. Ekspektasi yang Berlebihan

Terkadang pikiran akan selalu mengharapkan untuk menjadi sosok yang sempurna dala setiap tujuan terutama sesuatu yang sudah dipersiapkan. Kesalahan sekecil apapun terkadang dapat membuat seseorang merasa kecewa dengan pekerjaan yang sudah dilakukan. Ekspektasi yang berlebihan dalam suatu hal yang terkadang dapat membuat seseorang merasa tidak percaya diri.

2. Menghakimi Diri sendiri

Setiap kali menghadapi situasi yang mengharuskan diri sendiri untuk mengambil tindakan terkadang akan memperhatikan pikiran bahwa diri sendiri tidak mampu. Terkadang pikiran seseorang cenderung tidak positif dan lebih sering untuk memprediksi hasil negatif dan membuat tidak puas dengan segala hal yang sudah dilakukan.

3. Rasa Takut

Salah satu penyebab yang paling umum dan membuat seseorang tidak percaya diri adalah rasa takut , takut gagal, malu atau ditolak merupakan salah satu hal yang menghantui diri sendiri. Terkadang pikiran akan cenderung memikirkan hal yang sebenarnya belum tentu akan terjadi hal inilah yang akan membuat seseorang merasa adanya kegagalan atau rasa malu.

4. Kurang Pengalaman

Saat ingin berbicara didepan umum atau melakukan suatu hal yang masih asing tentu setiap orang akan mempesiapkan diri sebaik mungkin, meskipun belum ada pengalaman. Kurangnya pengalaman maupun persiapan pada seseorang terkadang akan memicu adanya tidak percaya diri untuk melakukan suatu hal.

5. Kurangnya Keterampilan

Setiap tugas yang dikerjakan perlu mempersiapkan keterampilan yang diperlukan, terkadang seseorang tidak akan [ercaya diri ketika tidak ada keterampilan yang sesuai dengan tugas. Ketrampilan terhadap sesuatu tentu dapat berjalan dengan baik dengan adanya pelatihan.

Nah, itulah beberapa penyebab seseorang tidak percaya diri yang kerap sekali terjadi. Terkadang rasa tidak percaya diri pada seseorang sering menghantui untuk melakukan suatu hal, akan tetapi dengana danya pelatihan maupun ketrampilan pada seseorang dapat meningkatkan kepercayaan diri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading