Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Menghadapi Masalah yang Belum Ada Solusinya

Fimela.com, Jakarta Masalah bisa datang silih berganti dalam hidup. Bahkan sebuah masalah bisa berlangsung berlarut-larut tanpa bisa dicari solusinya dengan cepat. Menghadapi masalah yang belum ada solusinya, kita perlu berupaya lebih keras untuk bertahan lebih kuat lagi.

Untuk bisa tegarkan diri saat ada masalah yang tak kunjung usai, ada sejumlah cara yang bisa dicoba. Lima cara ini bisa dicoba sebagai upaya untuk bisa memiliki hati yang lebih kuat dan tegar lagi.

 

 

1. Uraikan Rasa Tak Nyaman

Ada rasa sedih, kesal, marah, atau kecewa yang sedang dirasakan? Sebuah persoalan atau masalah yang belum ada solusinya memang bisa mengganggu kualitas hidup dan rutinitas kita. Untuk bisa kembali kuat dan bertahan, perlu menguraikan lebih dulu rasa tak nyaman yang ada. Kalau menangis bisa bantu ringankan perasaan, izinkan diri menangis. Jika melakukan suatu hal yang disukai bisa bantu redakan kesedihan, coba lakukan. Asal tidak membahayakan diri atau merugikan siapa pun, kita bisa melakukan sesuatu untuk redakan rasa tidak nyaman di dalam diri.

 

2. Ikhlas dengan Keadaan

Di saat kita ikhlas dengan keadaan kita, Sang Pencipta akan merencanakan kebahagiaan untuk kita. Masalah dan persoalan berat yang kita hadapi pasti memberi hikmah dan pelajaran penting. Ketika kita tak bisa menghindarinya, maka kita perlu menerima dan menghadapinya. Walau tak mudah, hati tetap perlu diusahakan untuk ikhlas agar ke depannya langkah kita bisa lebih ringan dan tidak makin tertekan.

3. Kenali Emosi yang Dirasakan

Mengutip buku How to Respect Myself, mengendalikan emosi sama dengan mengendarai mobil. Mobil bagus akan menjadi barang tak berguna jika tidak menuruti pengendaranya atau kita yang tak bisa mengendarainya. Agar bisa lebih terarah dalam mengendalikan emosi, kita perlu mengenali dan menamai emosi yang kita rasakan. Apa ada rasa sedih, marah, menyesal, kasihan, hampa, malu, tertekan, atau kesepian? Coba uraikan satu per satu emosi yang dirasakan, lalu temukan cara terbaik untuk berdamai dengan masing-masing emosi tersebut.

4. Usahakan yang Bisa Dilakukan

Mungkin belum ada solusi atau jalan keluar terbaik yang bisa didapatkan saat ini. Namun, kita masih bisa coba mengupayakan hal yang masih bisa kita lakukan. Sekecil atau sesederhana apa pun hal tersebut, selama kita masih bisa melakukan dan mengupayakannya sebaik mungkin maka kita pasti masih bisa bertahan. Saat kita masih bisa bergerak atau melangkah walaupun belum sampai ke tujuan, itu sudah menjadi bentuk kemajuan sendiri.

 

 

5. Menciptakan Support System

Kalau punya orang-orang yang senantiasa dekat dan menguatkan, kita bisa coba minta bantuan pada mereka untuk setidaknya bantu memberi kita semangat atau motivasi. Jika belum ada orang-orang yang bisa kita percaya, kita bisa coba minta bantuan profesional bila perlu untuk bantu redakan rasa tertekan atau gejala depresi yang mulai dirasakan. Izinkan diri meminta bantuan atau mendapat pertolongan ketika merasa kesehatan mental mulai tidak stabil saat menghadapi sebuah persoalan berat.

Semoga apa pun masalah yang sedang kamu hadapi saat ini, bisa segera ada solusi atau jalan keluar yang ditemukan, ya. Terima kasih sudah berusaha dan bertahan kuat hingga hari ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading