Sukses

Lifestyle

5 Tips Mendapatkan Waktu Tidur Berkualitas di Malam Hari

Fimela.com, Jakarta Kebutuhan tidur setiap orang maksimal 7-8 jam setiap hari. Kualitas tidur yang baik juga berpengaruh baik pula bagi kesehatan dan kegiatan sehari-hari. Namun, tidak jarang juga beberapa orang mengalami kurang tidur yang menyebabkan masalah serius bagi kesehatannya.

Orang yang mendapatkan tidur yang cukup merasa segar kembali, berenergi, dan siap menghadapi hari. Sahabat Fimela dapat berhasil tertidur dalam hitungan menit jika kamu menggunakan teknik yang tepat. Kurangnya kualitas tidur dalam jangka panjang meningkatkan risiko hipertensi, masalah jantung, tekanan darah tinggi, kelebihan berat badan, dan mungkin kematian dini.

Nah, untuk mendapatkan kualitas tidur malam yang baik, beberapa tips ini mungkin dapat membantumu untuk mendapatkannya. Penasaran? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Cabut gadgetmu

Untuk mendapatkan tidur terbaik, penelitian menyarankan untuk mematikan perangkat setidaknya satu jam sebelum tidur. Otak kita terlalu sibuk akibat dari penanggapi panggilan telepon, pesan masuk dan lainnya yang membuat otak merasa sulit untuk lebih santai dan rileks.

2. Beli kasur yang berkualitas

Kasur berkualitas memberikan jumlah kenyamanan yang ideal dengan mempertahankan posisi normal tubuh dan postur tulang belakang, sangat meningkatkan pengalaman tidur. Seseorang harus mengevaluasi tinggi badan, ukuran, bentuk tubuh, dan posisi tidur yang disukai saat membeli kasur baru.

3. Gunakan Penutup Mata

Tidur kita bisa terganggu dan menderita akibat minimnya cahaya di dalam ruangan. Tidurmu mungkin terganggu oleh cahaya paling halus sekalipun, seperti cahaya dari jam alarm digital. Pertimbangkan untuk mengenakan masker mata yang nyaman jika kamu tidak dapat sepenuhnya memblokir semua sumber cahaya di kamar. Selain itu, pastikan kamar tidurmu terjaga pada suhu yang dingin dan kamu juga perlu untuk berpakaian dengan nyaman.

4. Hindari kafein sebelum tidur

Karena kafein adalah stimulan dan akan membuatmu lebih sulit tidur, menghindarinya adalah ide yang bijaksana. Lebih baik menunggu setidaknya enam jam setelah meminum secangkir kopi terakhir sebelum tidur. Sebagai gantinya, cobalah teh herbal seperti madu atau jahe. Selain itu, seseorang harus menghindari makan besar dan makanan pedas sebelum tidur.

5. Mandi air panas sebelum tidur

Tips mendapatkan waktu tidur yang berkualitas di malam hari adalah mandi air panas atau mandi sebelum tidur. Selain sangat santai, mandi air panas dapat mengubah suhu tubuh kita dengan cara yang membuat kita siap untuk tidur. Kamu tidak hanya akan tidur lebih nyenyak, tetapi kamu bahkan mungkin terlihat lebih baik ketika bangun. Tempat tidurmu akan tetap bersih untuk waktu yang lebih lama jika kamu mandi sebelum tidur.

Well, jika beberapa kebiasaan di atas kamu terapkan sebagai rutinitas, tentu ini akan membantumu untuk mendapatkan waktu tidur yang berkualitas di malam hari. 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading