Sukses

Lifestyle

5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan agar Terbiasa Bangun Pagi

Fimela.com, Jakarta Bangun di pagi memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selain tubuh lebih segar, kamu juga bisa memanfaatkan waktu pagi untuk menikmati sinar mentari pagi yang terkenal baik untuk tubuh. Selain itu dengan bangun pagi kamu memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal yang kamu suka. 

Teruntuk kamu yang memiliki jadwal kerja atau sekolah di pagi hari, bangun pagi merupakan sebuah keharusan untuk menghindari keterlambatan masuk kantor/sekolah. Tentu kamu tidak mau setiap hari harus buru-buru melakukan sesuatu sebab bangun kesiangan atau mepet waktu pergi. 

Membiasakan bangun pagi tentu tidaklah hal yang mudah, apalagi jika kamu tipe orang yang terbiasa bangung di siang hari. Beberapa cara berikut ini bisa kamu coba agar bisa untuk bangun pagi.

Tidur Lebih Awal

Ini adalah langkah pertama dan efektif yang bisa kamu lakukan agar bangun di pagi hari. Selain itu tidur lebih awal juga membuat jadwal tidurmu menjadi lebih baik sebab memiliki durasi tidur yang cukup. 7 sampai 9 jam adalah durasi tidur yang sewajarnya kamu lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Ada banyak cara agar kamu bisa tidur lebih cepat. Hal pertama adalah jauhkan dari gadget sebab sinar biru yang dihasilkan memperlambat rasa kantuk yang datang. Lalu jangan minum kafein 6 jam sebelum waktu tidur, apalagi bagi kamu yang tidak toleran kafein. Kamu juga bisa melakukan hal yang merilekskan tubuh seperti membaca buku atau menambahkan aromaterapi di dalam ruang kamarmu.

Jauhkan Alarm dari Tempat Tidur

Kebiasaan buruk kita yang suka langsung mematikan alarm atau memencet tombol snooze agar bisa kembali tidur ternyata memiliki dampak yang buruk. Kebiasaan ini sudah masuk dalam fragmentasi tidur atau interupsi waktu tidur secara berkelanjutan yang mana akan menyebabkan kelelahan saat siang hari dan juga membuat kita mudah mengantuk lagi saat beraktivitas. Untuk menghindarinya kamu bisa menjauhkan alarm dari tempat tidurmu sehingga kamu harus bergerak banyak atau berjalan untuk mematikannya. Gerakan tubuh ini bisa membuat rasa kantuk menghilang dan kamu segera terbangun setelah mematikan alarm.  

Jangan Banyak Bermalas-Malasan

Banyaklah beraktivitas saat siang hari agar energi dalam tubuh benar-benar dimanfaatkan. Hanya bermalas-malasan di atas kasur atau bahkan tidur sepanjang siang sampai sore hari bisa membuat mata tetap terjaga saat malam hari.

Olahraga yang Teratur

Selain menyehatkan otot dan tulang-tulang dalam tubuh, berolahraga juga mampu mengurangi insomnia yang kamu derita, loh. Selain itu dengan berolahraga maka tubuh kamu akan menghabiskan energi dan merasa lelah sehingga mudah untuk tidur lebih awal.

Makan Makanan yang Bergizi

Makanan yang bergizi secara tidak langsung juga membantu meningkatkan kualitas tidur kamu. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi maka tubuh akan berenergi dan siap melakukan aktivitas. Selain itu juga beberapa nutrisi dalam makanan membantu kita agar tidur lebih baik. Sebaliknya, makanan yang tidak sehat atau junk food membuat kita lebih lesu dan cenderung bermalas-malasan.

Siap untuk membiasakan diri bangun pagi? Sahabat Fimela bisa mulai menerapkan beberapa langkah di atas. Selamat mencoba!

Penulis: Malichatus Sa’diyah

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading