Sukses

Lifestyle

2 Cara Mencuci Baju yang Berbahan Linen dan Perawatannya

Fimela.com, Jakarta Merawat barang yang dimiliki terkadang tidak semudah yang dibayangkan, bagi beberapa orang merawat barang linen mungkin mudah meskipun kain linen memiliki kualitas yang tinggi. Biasanya pakaian yang berbahan linen akan lebih detail dan terstruktur daripada bahan lainnya.

Salah satu yang kerap menjadi masalah bagi beberapa orang yang memiliki pakaian linen adalah kerutannya, mencuci pakaian linen dapat menggunakan beberapa macam cara. Salah satu cara untuk mencuci pakaian linen adalah mencuci menggunakan tangan atau mesin cuci.

Mungkin pakaian yang berbahan linen akan mudah kusut, untuk itu jika kamu memiliki pakaian yang berbahan linen berikut beberapa cara mencuci baju yang mudah dan praktis:

Cara Mencuci Pakaian Linen

1. Cuci Menggunakan Mesin Cuci

  • Langkah pertama kamu perlu memisahkan linen putih, gelap, dan yang berwarna netral lainnya. Untuk mencuci kain linen ada baiknya jika kamu membalikken linen ke luar dan cuci terpisah dengan kain lainnya, jangan semnbarangan untuk mencampur beberapa pakaian yang berbahan berat.
  • Gunakanlah air hangat, karena suhu yang tinggi dapat menyebabkan terjadinya penyusutan dan melemahkan serat linen.
  • Gunakan siklus mesin cuci yang lembut dan jangan terlalu membebani mesin cuci.
  • Kemudian pastikan untuk menggunakan detergen yang ringan agar kain menjadi halus.

2. Cuci Menggunakan Tangan

  • Isi wadah kecil atau ember menggunakan air hangat dan tambahkan detergen yang ingan.
  • Kemudian rendam pakaian linen dalam air hangat agar meresap selama 10 menit.
  • Untuk mencuci pakaian linen menggunakan tangan jangan terlalu diperas, putar, atau gosok yang berlebihan.
  • Tiriskan air sabun dan bilas berulang kali agar sisa sabun hilang.

Cara Merawat Baju yang Berbahan Linen

  • Menghilangkan Noda dari Kain Linen

Jika kamu menemkan noda dalam kain linen maka harus membersihkanya langsung, ketika kamu membiarkan kotoran, minyak, maupun noda lainnya yang mengendap terkadang akan menyerap jauh ke dalam serta dan sangat sulit untuk membersihkannya.

  • Cara Mengeringkan Kain Linen

Salah satu untuk merawat kain linen agar tidak mudah menyusut adalah dengan tidak mengeringkan linen dengan suhu panas yang sangat tinggi, hal ini dapat menyebabkan penyusutan yang cukup signifikan.

  • Hindari dari Pemutih Pakaian

Menghindari pemutih pakaian tentu dapat membuat kain linen bertahan lama, dengan penggunaan pemutih pakaian terkadang akan cenderung melemahkan serat serta menyebabkan perubahan warna.

  • Menyetrika Kain Linen

Serat alami pada kain linen tentu akan kusut dan mudah berkerut, saat kamu ingin menyetrika kain linen hanya perlu menyetrikanya saat masih lembab atau jika perlu lapisi menggunakan handuk yang basah.

  • Menyimpan Linen

Pastikan saat kamu menyimpannya dalam keadaan kering untuk menghindari jamur, serat alami seperti linen terkadang hanya perlu bernapas dan ditempatnya pada lemari yabng memiliki ventilasi baik.

Itulah cara menyimpan dan mencuci kain linen yang perlu kamu perhatikan, beberapa cara diatas semoga dapat menambah informasi kamu. Sangat penting bagi kita untuk merawat beberapa pakaian maupun barang yang dimiliki.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading