Sukses

Lifestyle

2 Cara Mencuci Pakaian yang Berbahan Wol dengan Hati-hati

Fimela.com, Jakarta Wol merupakan serat alami yang halus dan sering kali dijadikan sebagai bahan pakaian hangat karena memiliki kemampuan untuk menyerap kelembapan. Musim hujan yang terjadi saat ini tentu membuat kita untuk mempersiapkan berbagai pakaian yang lembut serta menghangatkan.

Ada banyak orang yang merasa kesulitan untuk mencuci pakaian berbahan wol sendiri, padahal mencuci kain wol sendiri mudah. Kain yang berbahan wol sendiri ternyata dapat tahan dari noda, tahan bau, serta tahan kusut. Mencuci pakaian yang berbahan wol dapat melakukan beberapa metode pencucian menggunakan mesin cuci maupun tangan.

Meskipun mudah tetapi kamu perlu berhati-hati saat mencuci pakaian yang berbahan wol sendiri, karena memiki kain yang bertekstur dari lainnya. Nah, berikut beberapa cara mencuci pakaian yang berbahan wol dan dapat kamu coba:

Cara Merawat Pakaian berbahan Wol

Tentu kita tidak menginginkan pakaian cepat rusak bukan? Untuk memiliki pakaian wol dengan bahan yang tahan lama kamu hanya perlu mencucinya jika perlu. Nah, berikut beberapa cara merawat pakaian berbahan wol yang dapat kau coba:

  • Singkirkan tumpukan kain, serat, dan bulu hewan yang terdapat di kain wol dengan penghilang bulu halus atau produk pencukur kain.
  • Jangan menggantung wol di gantungan baju, ada baiknya untuk melipat dan simpat di lemari.
  • Hilangkan bintik noda kecil menggunakan detergen atau sabun yang lembut.

Cek Petunjuk Mencuci Tag yang Dijelaskan

Jika kamu telah membeli tentu akan mengecek tag atau label yang terdapat dibalik baju bukan? Banyak orang yang menganggap bahwa wol harus dicuci dengan tangan atau dicuci kering, padahal kain wol sendiri dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Perhatikan label dan tanda pada pakaian, apakah dapat dicuci dengan tangan atau mesin cuci.

1. Cara Mencuci Wol dengan Tangan

Kamu dapat mencuci pakaian yang berbahan wol dengan menggunakan tangan lho, biasanya pada pakaian akan menunjukkan label yang aman untuk di cuci di mesin atau tidak. Ikuti beberapa langkah di bawah ini jika kamu ingin mencuci menggunakan tangan:

  • Berikan sedikit detergen ke dalam ember atau baskom dengan air hangat.
  • Kemudian balikkan pakaian dari dalam keluar, rendam, dan kibaskan agar sabun dapat menembus pada serat.
  • Jangan menggosok pakaian dan jangan rendam dengan pakaian lain terlalu lama.
  • Bilas pakaian dua kali untuk menghilangkan semua sisa sabun.
  • Jangan memeras kain wol, tekan atau peras secara lembut agar air keluar.
  • Kemudian gulung pakaian dengan handuk kering untuk menghilangkan kelembapan.
  • Letakkan pakaian wol dan jangan jemur di bawah sinar matahari langsung.

2. Cara Mencuci Wol dengan Mesin Cuci

Beberapa pakaian wol dapat di cuci di mesin cuci dengan mudah dan nyaman. Tetapi, untuk menjaga pakaian wol tetap dengan kondisi yang baik tentu kamu perlu mencucinya dengan hati-hati, seperti cara di bawah ini:

  • Balik pakaian wol dari dalam ke luar terlebih dahulu.
  • Kemudian cuci dengan rangakain khusus pakaian wol di pengaturan mesin cuci.
  • Gunakan air dingin dan tambahkan detergen cair yang ringan.
  • Kemudian bilas dengan mesin cuci dan keringkan ke dalam pengering mesin cuci.

Memiliki pakaian yang berbahan wol sendiri tentu tidak mudah untuk perawatannya, terlebih sekarang memasuki musim dingin dan kita membutuhkan banyak pakaian hangat. Akan tetapi, kamu dapat mencoba beberapa perawatan dan cara mencuci kain wol dengan baik seperti di atas.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading