Sukses

Lifestyle

Cara Memilih Cat Warna untuk Lukisan di Kanvas

Fimela.com, Jakarta Bagi beberapa orang yang menyukai menggambar atau melukis tentu sudah tak asing lagi dengan beberapa peralatan lukis. Ada banyak alat yang harus dipersiapkan sebelum melukis, mulai dari cat, minyak, kuas, kanvas, dan masih banyak lainnya.

Hal ini ternyata dapat membuat pemula bingung menentukan bahan maupun cat yang tepat untuk melukis di kanvas, karena banyaknya barang yang perlu dibutuhkan saat melukis. Pernahkah kamu memperhatikan setiap cat yang bagus untuk warna dalam kanvas?

Ternyata ada banyak jenis cat yang harus kamu tahu sebelum melukis di dalam kanvas, hal ini perlu kamu tahu agar memberikan hasil lukisan yang mendetail. Berikut beberapa cara memilih cat warna untuk lukisan di kanvas yang perlu kamu tahu:

Beberapa Jenis Cat Lukis

Ternyata cat lukis memiliki dua jenis yang berbeda yaitu waterbased dan oil based dan diantara keduanya memiliki banyak karakter, berikut penjelasannya:

Waterbased

Cat dengan medium air satu ini ternyata sangat cocok bagi para pemula, karena memiliki karakter yang cepat kering dan dapat memanfaatkan air untuk campuran. Berikut beberapa jenis dari cat waterbased yang perlu kamu tahu:

  • Cat Acrylic : Cat acrylic sangat cocok jika kamu menggunakan alat lukis seperti kanvas, kayu, sterofoam, maupun kertas.
  • Cat Air : Sedangkan cat air sangat cocok untuk kertas maupun kanvas.
  • Cat Gouche : Cat satu ini lebih direkomendasikan untuk kertas.
  • Cat Textile : Cat textile untuk bahan textile, karena biasanya setelah menggunakan harus disetrika.

Oil Based

Cat minyak merupakan salah satu jenis cat yang membutuhkan waktu kering lebih lama, karena memiliki teksture yang lebih tebal. Selain itu cat minyak sendiri memiliki teknik dan waktu yang cukup lama untuk mengeringkannya.

Kesimpulan

Jika kamu menggunakan kanvas untuk melukis tentu cat dengan minya acrylic sangat cocok karena memiliki banyak varian warna yang dapat kamu sesuaikan dengan lukisanmu. Selain itu untuk mendapatan car acrylic sendiri tidaklah susah, karena cat satu ini dapat kamu temukan diberbagai toko.

Nah, itulah beberapa cara menentukan cat yang tepat untuk melukis di kanvas bagi pemula. Semoga beberapa cara diatas dapat membantu kamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading