Sukses

Lifestyle

9 Cara Mendekorasi Ruang Tamu Agar Terkesan Menarik dan Minimalis

Fimela.com, Jakarta Sering menghabiskan waktu bersama keluarga di rumah dengan menonton TV, bermain, hingga belajar, terkadang akan membuat kita sering menggunakan ruang tamu setiap harinya. Saat membangun atau memiliki rumah tentu kita akan menyiapkan setiap detail ruangan agar memiliki kenyamanan dan arti yang mendalam saat digunakan.

Dari ruangan tamu yang biasanya digunakan untuk kegiatan formal seperti menerima tamu terkadang sering dimanfaat berbagai macam hal. Salah satu kunci untuk memanfaatkan ruangan tamu adalah menciptakan ruang yang nyaman serta mengundang seseorang agar tertarik dengan ruangan tamu.

Ada banyak cara untuk membuat ruang tamu menjadi menarik seperti memposisikan furniture ruangan tamu dengan cara yang efektif dan menarik. Tetapi, terkadang apa yang sedikit aneh di ruangan tamu sulit untuk ditemukan dan justru membuat ruangan tersebut kurang menarik. Berikut beberapa cara mendekorasi ruang tamu agar menarik:

1. Pilih Perabotan yang Tepat

Jika kamu ingin membangun rumah atau mendekorasi ruangan tamu sangat penting untuk mencatata setiap apa yang dibutuhkan dalam dekorasi ruang tamu, jangan asal membeli furnitur yang seharunya tidak di pajang dalam ruangan tersebut.

Pada bagian ruang tamu kuncinya kamu hanya perlu menemukan bagian yang cocok secara alami untuk ruangan, dengan perabotan yang tepat baik ukuran dan gaya dapat mempercantik ruang tamu atau justru membuatnya terlihat tidak menarik.

2. Menentukan Titik Fokus Ruangan

Titik fokus kamar biasanya dimana seseorang akan jatuh hati ketika melihat ruanganmu pertama kali, dalam ruang tamu sendiri yang menjadi titik fokus adalah beberapa karya seni atau mungkin sofa. Setelah kamu mengetahui titik fokus pada ruangan dapat menghiasi sekitarnya agar terasa sangat kohesif dan menarik.

3. Pilih Palet Warna yang Tepat

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang paling banyak dikunjungi mulai dari orang rumah hingga tamu yang sedang bermain di rumah. Maka dari itu sangat penting untuk mendekorasi ruang tamu sebaik mungkin dan menarik, pilihlah palet warna yang terkesan natural dan simpel. Dengan menentukan palet warna yang tepat tentu akan menjadi sangat mudah untuk menjaga penampilan agar tetap bersih dan terarah.

4. Fungsikan Keseimbangan dan Kecantikan

Sangat penting untuk menciptakan ruang tamu yang indah dan cantik, tetapi sangat penting apa yang harus berada di ruang tamu dan tidak. Sesuaikan dengan kebutuhan yang seharusnya ada di ruang tamu, setelah itu kamu dapat mencari barang yang menarik atau memberikan pernak-pernik yang indah dengan perpau dengan dekorasi. Terkadang kita hanya menentukan sofa dari warna atau terlihat menarik karena bukan fungsinya, mulai sekarang pilihlah sofa karena kenyamananya.

5. Perhatikan Pencahayaan

Ruang tamu yang gelap tentu tidak menyenangkan dan tidak menarik sama sekali, mendapatkan pencahayaan dari ruang tamu yang tepat justru akan menyatukan seluruh tampilah hingga dekorasi yang terdapat di dalamnya. Kamu dapat mengombinasikan berbagai macam jenis pencahayaan, pilihlah aksen serta pencahayaan yang baik.

6. Jangan Terlalu Banyak Dekorasi dan Barang

Terkadang kita akan langsung membeli berbagai macam barang kecil hingga besar hanya untuk dekorasi tanpa memikirkan kebutuhkan dan fungsionalnya secara benar. Banyaknya barang yang tidak seimbang pada ruang tamu justru akan terlihat ruangan seperti showroom. Kamu hanya perlu membeli barang yang mempercantik seperti lukisan atau pajangan yang terlalu menonjol.

7. Menghindari Dekorasi yang Terlalu Kecil

Ruang tamu tentu sangat indah jika diberikan berbagai macam dekorasi yang simpel dan menarik, tetapi jangan terlalu banyak menggunakan dekorasi yang terlalu kecil. Kamu perlu menyisakan ruang yang cukup untuk penerangan, tekstil, hingga aksesoris.

8. Mix and Match Warna Terang dan Gelap

Terkadang ketika ruang tamu yang memiliki warna putih dan cerah akan terlalu terlihat bersih. Saat semuanya gelap terkadang akan terlihat menyeramkan, tetapi dengan mencampurkan warna gelap dan terang akan menciptakan tampilan yang dinamin dan memiliki kesan kedalaman yang seimbang.

9. Gunakan Kayu Pada Ruangan

Salah satu tekstur barang yang dapat mempercantik ruangan adalah kayu, terkadang dengan menentukan barang yang terbuat dari kayu akan menghadirkan rasa hangat pada ruang tamu. Ada banyak cara yang dapat membuat ruangan terasa lebih menarik dengan mempertimbangkan panel dindin, meja kayu, hingga bingkai foto.

Setiap orang yang sedang membangun rumah tentu menginginkan hasil akhir yang sempurna dan minimalis. Ruang tamu menjadi salah satu unsur bagian rumah yang dapat mempercantik rumah, dengan menentukan berbagai macam hal dapat mempercantik ruang tamu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading