Sukses

Lifestyle

Memengaruhi Kesehatan Mental, Ini 4 Tanda Seseorang Mengalami Depresi

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesehatan mental sama pentingnya dengan menjaga kesektan fisik. Keduanya memengaruhi satu sama lain. Sehingga ketika seseorang mungkin mengalami gangguan kesehatan mental maka akan memengarui kesehatan fisik. Salah satu gangguan mental yang perlu diwaspadai adalah gangguan depresi.

Depresi merupakan salah satu gangguan menial yang paling umum terjadi. Hal ini dapat memengaruhi suasana hati seseorang. Melansir dari pinkvilla.com (6/1), ada beberapa tanda nyata yang menunjukkan seseorang mengalai depresi. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Kurangnya Minat dalam Aktivitas Sehari-hari

Tanda lain dari seseorang yang menderita depresi adalah kehilangan minat dalam kegiatan sehari-hari. Jika kamu mengenal seseorang yang dulunya sangat bersemangat untuk melakukan hal-hal kecil dan sekarang menghindarinya, ada kemungkinan mereka mengalami depresi. Jadi, bicarakan dengan mereka tentang hal itu dan berikan bantuan.

2. Merasa Cemas, Stres dan Menunjukkan Perilaku Gelisah

Tanda penting lainnya yang membuktikan bahwa seseorang mungkin menjadi korban depresi adalah kecemasan yang terus-menerus, tingkat stres yang tinggi, dan perilaku gelisah. Jika seseorang tampak gelisah dan tidak nyaman serta tidak memperhatikan apa yang kamu katakan kepada mereka, atau sering menangis, ada kemungkinan mereka menderita depresi. Jadi, atasi masalahnya, hubungi mereka dan bantu mereka melewatinya.

 

3. Menarik Diri

Jika seseorang yang kamu biasanya menjadi kupu-kupu sosial, akan tetapi jika dia mulai menarik diri dari lingkungan dan memutuskan semua kontak sosial, ada kemungkinan dia menderita depresi. Jadi, jika kamu melihat tanda seperti itu, pastikan untuk mendapatkan kepercayaan diri mereka dan buat mereka berbicara tentang apa yang mengganggu mereka. Setelah kamu yakin, itu adalah depresi, atau bahkan jika kamu tidak yakin, yakinkan mereka untuk mencari bantuan profesional.

4. Perasaan Bersalah

Jika seseorang selalu menyalahkan dirinya sendiri dan berada dalam cengkeraman rasa bersalah dan kurang percaya diri, yang belum pernah terjadi sebelumnya, itu mungkin menandakan bahwa mereka mengalami depresi. Perasaan seperti itu dapat memicu pikiran untuk bunuh diri, jadi penting untuk meyakinkan orang tersebut bahwa tidak ada yang salah dengan mereka dan apa pun yang terjadi bukanlah kesalahan mereka. Mereka mungkin membutuhkan kepastian yang konstan dan keyakinan dari orang lain.

Ketika seseorang mengalami depresi, dukungan orang sekitar diperlukan untuk memulihkan kondisinya. Bila perlu kunjungi dan konsultasikan dengan dokter.

#WomenforWomen

What's On Fimela
Loading