Sukses

Lifestyle

Penyebab Data Seluler Tidak Muncul serta Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Tidak jarang setelah digunakan selama beberapa waktu, aplikasi sering keluar sendiri. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab data seluler tidak muncul. Apa saja? Yuk simak penyebab data seluler tidak muncul serta cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Data Seluler Tidak Muncul

1. Paket Belum Diaktifkan

Penyebab data seluler tidak muncul yang pertama adalah karena paket belum diaktifkan. Mungkin kamu merasa kalau paket data yang kamu beli sudah aktif atau bahkan sudah diaktifkan oleh penjual tempat kamu membeli paket data tersebut. Nah kamu bisa coba cek terlebih dahulu apakah paket datamu sudah aktif atau belum.

Agar data selulermu muncul, kamu perlu mengaktifkan paket datamu terlebih dahulu. Kalau kamu tidak bisa mengaktifkan paket datamu sendiri, kamu bisa datang ke konter untuk minta tolong mengaktifkan paket data yang kamu inginkan.

2. APN Kosong

Penyebab data seluler tidak muncul berikutnya yaitu APN kosong. Hal ini sering sekali terjadi kalau kamu berganti dari satu operator ke operator yang lainnya.

Tapi jika APN kosong memang paket data seluler tidak akan bisa muncul walaupun paket sudah diaktifkan dan kartu sudah diregistrasikan. Cara mengatasinay adalah kamu cukup mengisi APN sesuai dengan operator yang kamu gunakan.

 

Penyebab Data Seluler Tidak Muncul Lainnya

3. Registrasi Kartu Belum Berhasil

Berikutnya penyebab data seluler tidak muncul yang juga sering terjadi yaitu proses registrasi kartu belum sepenuhnya berhasil alias masih gagal. Cara mengatasinya adalah dengan mendaftarkan kartu tersebut hingga berhasil.

Ciri-ciri kartu perdana sudah berhasil registrasi yaitu kamu bisa mengecek pulsa dan tulisan "Tidak Ada Layanan" tidak akan muncul lagi.

4. Kartu Belum Diaktifkan

Penyebab data seluler tidak muncul yang terakhir dan jarang terjadi adalah karena kartu belum diaktifkan. Hal ini bisa saja terjadi karena kamu membeli kartu perdana yang kosong. Ciri-ciri kartu perdana yang belum diaktifkan yaitu muncul tulisan "Tidak Ada Layanan" pada bar sinyal dan kamu tidak bisa mengecek pulsa.

Cara mengatasinya adalah dengan membawa kembali kartu perdanamu ke tempat kamu membelinya kemudian minta tolong kepada penjualnya untuk mengaktifkan kartu tersebut.

Itulah beberapa penyebab data seluler tidak muncul yang sering kamu alami beserta cara mengatasinya. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading