Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenangkan Diri saat Merasa Kesepian di Akhir Tahun

Fimela.com, Jakarta Biasanya ketika sampai di penghujung sebuah tahun, kita akan mulai merefleksikan banyak hal. Kembali mengingat momen-momen yang kita alami sepanjang tahun. Serta, melakukan kontemplasi diri atas hal-hal yang dikerjakan dan berusaha diwujudkan setahun belakangan ini.

Di tengah momen reflektif dan kontemplatif, biasanya rasa kesepian menghampiri. Rasa kesepian bisa tiba-tiba menyelimuti diri di akhir tahun ini. Untuk menyikapinya agar hati bisa tenang kembali, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan seperti strategi sederhana berikut ini.

 

 

1. Tuangkan Perasaan dalam Tulisan

Rasa kesepian yang hadir bisa jadi pertanda kamu perlu terhubung kembali dengan dirimu. Agar bisa kembali terhubung dengan diri sendiri, kamu bisa mencoba untuk menulis. Ada kutipan menarik dari film dokumenter Stutz tentang menulis: "Menulis bisa mengembangkan hubungan kita dengan diri sendiri. Jika kita mulai menulis, menulis itu seperti cermin. Itu merefleksikan apa yang ada di alam bawah sadar kita, dan menulis dalam bentuk diari bisa mengeluarkan hal yang tak kita ketahui sebelumnya." Saat bisa terhubung kembali dengan diri sendiri biasanya hati akan kembali tenang.

 

 

2. Terima Hadirnya Rasa Kesepian Itu

Terima dan sambut rasa kesepian yang hadir tersebut. Mengutip buku How to Love, kesepian itu ibarat nyeri otot yang muncul setelah olahraga berat. Sedikit tidak enak dan membuat tubuh lesu, tetapi akan pulih seiring waktu dan otot mulai terbentuk. Anggap momen ini sebagai bagian dari proses pendewasaan diri dan menempa mentalmu jadi lebih kuat lagi.

 

 

3. Kurangi Kebiasaan Membandingkan Diri

Rasa kesepian bisa terasa makin pekat dan menyesakkan saat kita malah makin membandingkan situasi kita dengan orang lain. Dengan kata lain, kalau ingin lebih tenang, kebiasaan membandingkan diri perlu dikurangi. Mengutip buku Loving the Wounded Soul, kita merasa kesepian karena semua orang menjadi saingan hidup kita. Salah satu penyebab rasa kesepian adalah kita merasa harus selalu berkompetisi dengan orang lain. Coba untuk lebih fokus mengapresiasi perjalanan hidup sendiri agar hati bisa terasa makin tenang.

 

 

4. Senangkan Diri Sendiri

Mengutip buku The Comfort Book, "Obat kesepian bukanlah lebih banyak orang. Obat kesepian adalah memahami siapa diri kita." Ketika berada di keramaian kita malah kesepian, mungkin kita perlu memberi waktu pada diri sendiri untuk bisa menikmati hidup yang ada. Penghujung tahun menjadi pertanda ada awal baru yang akan segera disambut. Jadi, coba lakukan hal yang disukai di akhir tahun ini agar hati bisa lebih nyaman.

 

 

5. Rangkai Harapan Baru

Akhir tahun menjadi awal sebuah tahun yang baru. Ada harapan dan hal-hal baru yang bisa direncanakan lagi. Rasa kesepian yang hadir bisa menghadirkan ruang dan kesempatan untuk membuat rencana dan harapan baru yang lebih baik. Jadi, gunakan saja waktu yang ada sebaik mungkin.

Terima kasih sudah melakukan semua hal yang terbaik sepanjang tahun ini. Semoga langkahmu ke depannya bisa makin kuat dan kokoh, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading