Sukses

Lifestyle

5 Manfaat Mewarnai bagi Orang Dewasa, Salah Satunya Mengurangi Stress

Fimela.com, Jakarta Mewarnai memang terdengar sebagai kegiatan yang kekanak-kanakan dan hanya pantas dilakukan oleh anak-anak. Namun sebenarnya anggapan ini merupakan anggapan yang salah. Mewarnai juga memiliki banyak manfaat untuk orang dewasa. Mewarnai adalah salah satu kegiatan yang termasuk kedalam terapi seni. Terapi seni dilakukan untuk memperbaiki atau mengembalikan kondisi mental, emosi, dan fisik seseorang.

Berikut merupakan penjelasan mengenai beberapa manfaat mewarnai bagi orang dewasa.

1. Dapat Mengurangi Stres

Salah satu manfaat mewarnai bagi orang dewasa adalah dapat mengurangi stres. Dilansir dari laman webmd.com mewarnai adalah aktivitad berulang yang membutuhkan perhatian pada detail-detail kecil. Saat kamu memfokuskan dirimu untuk mewarnai suatu gambar dengan detail-detail kecil, kamu akan teralihkan dari hal-hal yang mungkin menyebabkan stress. Mewarnai juga akan membangkitkan perasaan nostalgia dan mengingatkanmu pada masa kanak-kanak yang menyenangkan. Hal ini juga akan membuatmu lebih rileks.

2. Meningkatkan Kualitas Tidur

Bagi kamu yang kesulitan untuk tidur kamu bisa coba melakukan kegitan mewarnai. Dilansir dari laman webmd.com mewarnai sebelum tidur, akan membuat tidurmu lebih nyenyak daripada ketika kamu bermain handphone sebelum tidur. Paparan cahaya biru dari handphonemu dapat mengganggu kualitas tidur dengan menghentikan pelepasan melatonin alami tubuhmu. Dengan mewarnai buku sebelum tidur, kamu menjauhkan barang elektronik dari kamar tidur, memungkinkan tingkat melatoninmu untuk terlepas secara alami saat tubuhmu bersiap untuk tidur.

3. Membantu Memproses Emosimu

Selain menulis ke dalam jurnal harian, mewarnai juga bisa jadi salah satu cara untuk memproses emosimu. Dilansir dari laman healthline menciptakan sebuah karya seni adalah suatu cara yang sehat yang dapat dilakukan dalam meproses emosi. Mewarnai dapat memfasilitasi pemrosesan dan penyembuhan emosional, karena hal ini menawarkan cara untuk mengeluarkan emosi negatif atau yang tidak diinginkan alih-alih memendamnya di dalam.

4. Meningkatkan Mindfulness

Minfulness, sederhananya, adalah praktik yang membantumu menjaga perhatianmu agar tetap terfokus pada saat ini. Mindfulness membantumu mengurangi kecemasan akan hal-hal yang terjadi di masa depan. Dilansir dari laman healthline meningkatkan mindfulness bisa dilakukan dengan berbagai cara seperti meditasi, berjalan, memasak, dan pastinya mewarnai. Ada banyak manfaat potensial dari pendekatan terapeutik berbasis mindfulness seperti meningkatan kemampuan kognitif, memperlambat penuaan otak, menurunkan gejala stres, kecemasan, dan depresi, serta peningkatan rasa percaya diri.

5. Membantumu Menjadi Diri Sendiri

Dengan mewarnai, kamu bisa dengan bebas mengekspresikan diri sendiri tanpa memedulikan pemikirann orang lain tentangmu. Ketika mewarnai tak ada orang yang berhak mengaturmu agar menyesuaikan dengan selera mereka. Kamu bisa bebas berekspresi sesuai apa yang kamu pikirkan dan sesuai dengan seleramu tanpa khawatir dihakimi oleh orang lain.

Itu dia beberapa manfaat mewarnai untuk orang dewasa. Setelah membaca artikel ini apakah kamu sudah mulai tertarik untuk menjadikan kegiatan mewarnai menjadi salah satu hobimu?

Penulis: Diah Ayu V.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading