Sukses

Lifestyle

5 Pantangan Tahun Baru Imlek yang Tidak Boleh Dilakukan

Fimela.com, Jakarta Jelang Tahun Baru Cina, atau dikenal dengan Imlek yangjatuh pada tangga 22 Januari mendatang, maka biasanya ragam acara dilakukan oleh warga Tionghoa. Pada kesempatan ini, sejumlah agenda menarik dilakukan mulai dari menghias rumah dengan pernak-pernik khas Imlek, hingga menyiapkan hidangan spesial. Pada perayaan ini biasanya juga dilakukan sebagai ajang kumpul keluarga. 

Imlek digunakan untuk berkumpul dengan orang tercinta. Di samping perayaan yang gegap gempita, ruoanya Imlek identik dengan sejumlah tradisi dan pantangan. dikutip dari Liputan6.com, simak selengkapnya berikut ini. 

 1. Membersihkan Rumah

Salah satu pantangan saat Tahun Baru Imlek yang harus Anda hindari adalah menyapu atau membersihkan rumah. Pasalnya, membersihkan rumah atau membuang sampah diasosiasikan dengan "menyapu kemakmuran dan keberuntungan."

Hal itu membuat banyak orang China yang menyambut Imlek akan membersihkan rumah mereka sebelum merayakan tahun baru. Untuk menghindari aktivitas ini, semua alat pembersih rumah harus disembunyikan sebelum tahun baru. Hal ini karena keberadaan alat-alat pembersih rumah bisa menyapu kemakmuran seseorang.

Meski begitu, membersihkan rumah diperbolehkan sehari setelah perayaan Imlek, dengan syarat sampah yang terkumpul tidak melewati pintu depan rumah. Sebab, jika melanggar pantangan ini dipercaya bisa mengakibatkan kematian salah satu anggota keluarga.

2. Dilarang Keramas

Melansir laman merdeka.com, keramas atau mencuci rambut tidak diperbolehkan saat hari pertama Tahun Baru Imlek. Dalam bahasa Mandarin, rambut memiliki pengucapan serupa dengan kata "Fa" yang berarti "menjadi kaya". Jadi, aktivitas mencuci rambut saat Tahun Baru ini diasosiasikan dapat membersihkan keberuntungan.

Selain itu, mencuci baju juga menjadi salah satu pantangan saat Imlek. Aktivitas ini tidak boleh dilakukan pada hari pertama dan kedua Tahun Baru. Pasalnya, dua hari tersebut dianggap sebagai ulang tahun Shishen, Dewa Air.

3. Dilarang Menagih Utang

Perayaan Imlek harus dirayakan dengan suka cita. Oleh karenanya, kebiasaan meminjam dan menagih utang tidak diperbolehkan. Dengan begitu, memungkinkan setiap orang untuk merayakannya tanpa rasa khawatir. Di sisi lain, menuntut pembayaran utang dianggap akan membawa nasib buruk bagi kedua belah pihak. Jadi, kegiatan meminjam atau menagih hutan sebaiknya tidak dilakukan selama perayaan Imlek.

4. Tak Boleh Memberi Hadiah

Ada beberapa benda yang tabu diberikan saat Tahun Baru Imlek, seperti memberi jam dan payung. Dalam bahasa Mandarin, “memberi jam” memiliki pengucapan yang serupa dengan "melayat." Selain itu, Anda juga tidak diperbolehkan untuk memberi payung karena dipercaya bisa menarik roh-roh jahat yang bisa mengganggu.

5. Tidak Boleh Jual Beli Buku

Pantangan lainnya, yaitu tidak boleh jual beli buku. Konon, buku memiliki pengucapan yang sama dengan kata kehilangan. Maka dari itu, jual beli buku diasosiakan dengan kehilangan keberuntungan sepanjang tahun.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading