Sukses

Lifestyle

Penyebab Penyimpanan Internal Penuh yang Sering Terjadi Pada HP Android

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Mungkin kamu pernah mengalami penyimpanan internal penuh. Biasanya hal ini terjadi pada HP android.

Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyimpanan internal penuh. Apa saja? Yuk simak penyebabnya berikut ini.

Penyebab Penyimpanan Internal Penuh

1. Banyaknya aplikasi yang terpasang pada ponsel

Salah satu penyebab penyimpanan internal penuh ialah banyaknya aplikasi yang terpasang pada ponsel. Sebab, setiap aplikasi memuat berbagai data maupun berkas yang secara otomatis menambah kapasitas aplikasi seiring dengan intensitas penggunaannya.

2. Kapasitas ruang penyimpanan ponsel yang terbatas

Kapasitas ruang penyimpanan yang terbatas juga menjadi pemicu penuhnya penyimpanan internal, sehingga ponsel rentan lag atau macet. Itulah mengapa, masalah penyimpanan internal cepat penuh tak hanya terjadi pada ponsel dengan banyak aplikasi, tetapi juga pada ponsel dengan sedikit aplikasi.

3. File yang menumpuk

Penyebab selanjutnya ialah menumpuknya file tak penting pada ponsel, sehingga ruang penyimpanannya pun cepat penuh. Oleh karena itu, bersihkan berkas yang tak terpakai pada ponsel agar ruang penyimpanan dapat berfungsi untuk menjalankan aplikasi lainnya.

Cara Mengatasinya

1. Bersihkan file tak penting

Agar penyimpanan internal lebih lega, yang pertama kamu lakukan adalah membersihkan berbagai file yang dirasa tidak penting. Beberapa aplikasi yang tak penting juga wajib kamu uninstall. Apalagi jika kapasitas penyimpananmu tidak besar, maka aplikasi yang bisa kamu pertahankan menyesuaikan besar kapasitas penyimpanan internalmu.

2. Pindahkan beberapa aplikasi atau file ke SD Card

Kalau kamu sudah melakukan langkah pertama namun penyimpanan internalmu masih penuh juga, maka kamu bisa coba untuk memindahkan sebagian aplikasi dan file ke SD Card. Kamu bisa coba tekan aplikasi atau masuk pada pengaturan, kemudian kamu akan menemukan opsi untuk memindahkan aplikasi tersebut ke SD Card.

3. Hapus cache aplikasi

Cache pada aplikasi terkadang juga bisa membuat penyimpanan internal penuh. Berikut cara untuk menghapus cache pada aplikasi:

  1. Buka menu Pengaturan pada ponsel
  2. Buka menu Storage pilih menu Penyimpanan aplikasi
  3. Pilih aplikasi yang akan dihapus cache-nya lalu klik opsi Hapus cache

Itulah beberapa penyebab penyimpanan internal penuh pada HP android serta cara mengatasinya. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading