Sukses

Lifestyle

Penyebab Aplikasi Game Sering Keluar Sendiri Secara Tiba-tiba

Fimela.com, Jakarta Ponsel atau sering disebut juga dengan smartphone merupakan hal yang umum di era sekarang ini. Sebagian besar orang di dunia ini sudah memiliki smartphone. Bahkan ponsel atau handphone (HP) sering juga dianggap sebagai sebuah kebutuhan primer, sama pentingnya dengan kebutuhan primer lainnya seperti rumah, pakaian dan makanan.

Ponsel dianggap sebegitu pentingnya karena ponsel dapat membantu manusia dalam melakukan apapun, misalnya dalam mencari informasi dengan cepat atau memberikan hiburan yang tidak terbatas. Oleh karena itu, banyak yang kemudian menganggap bahwa ponsel merupakan kebutuhan primer.

Namun selayaknya benda lainnya yang diciptakan manusia, ponsel atau HP juga punya kelemahan. Tidak jarang setelah digunakan selama beberapa waktu, aplikasi sering keluar sendiri. Ternyata ada beberapa hal yang menjadi penyebab aplikasi sering keluar sendiri. Apa saja? Yuk simak penyebab aplikasi sering keluar sendiri serta cara mengatasinya berikut ini.

1. Ada bug

Salah satu penyebab aplikasi tiba-tiba keluar sendiri ketika sedang digunakan kemungkinan karena ada bug dalam aplikasi. Bug sendiri maksudnya adalah eror atau kesalahan dari sistem yang ada di aplikasi. Mungkin saja aplikasi yang sedang kamu gunakan itu sedang dalam proses pengembangan.

Kamu bisa coba cek apakah aplikasi tersebut butuh diupgrade. Jika ya maka setelah upgrade aplikasi, bug tersebut nantinya akan hilang dengan sendirinya.

2. RAM Terlalu Penuh

Kalau aplikasi yang tiba-tiba keluar sendiri tidak hanya satu tapi ada beberapa, kemungkin sumber masalahnya ada pada RAM HPmu. Bisa jadi RAM HPmu terlalu penuh sehingga tidak bisa menjalankan sistem secara maksimal.

Coba hapus beberapa aplikasi yang sudah tidak kamu gunakan lagi atau aplikasi yang jarang kamu gunakan. Kalau ruang pada RAM sudah sedikit longgar, nantinya kamu bisa menjalankan beberapa aplikasi secara normal lagi.

3. Memori Habis

Tidak hanya RAM penuh, memori yang penuh juga bisa menjadi penyebab aplikasi keluar sendiri. Perangkat butuh menuliskan informasi pada memori agar aplikasi bisa berjalan normal, jika tidak ada lagi ruang yang tersisa di memori, maka wajar jika aplikasi sering keluar sendiri.

4. Game tidak kompatibel

Penyebab game sering keluar sendiri lainnya adalah karena game tersebut tidak kompatibel dengan perangkat yang kamu gunakan. Maksudnya, game tersebut hanya bisa digunakan di perangkat tertentu saja, dan tidak bisa digunakan di perangkatmu.

Cara Mengatasinya

1. Rutin Membersihkan Memori dan RAM

Memori dan RAM yang terlalu penuh bisa menyebabkan aplikasi sering keluar sendiri ketika sedang digunakan. Jika kamu tidak ingin mengalami ini lagi, cobalah untuk membersihkan memori dan RAM secara rutin. Hapus aplikasi yang sudah tidak lagi kamu gunakan dan pindahkan beberapa file yang tidak lagi kamu gunakan.

2. Restart

Restart perangkat adalah cara yang paling efektif yang bisa kamu coba. Tujuannya adalah untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan.

3. Update Aplikasi

Bug pada aplikasi bisa menjadi penyebab aplikasi sering keluar sendiri. Jadi solusinya adalah dengan update aplikasi yang kamu gunakan untuk menghilangkan bug tersebut.

4. Update Sistem Android

Jika semua cara sudah kamu lakukan tapi masalah belum juga terselesaikan, maka kamu bisa mencoba mengupdate sistem android yang kamu jalankan. Biasanya update tersebut tersedia di bagian notifikasi. Update sistem akan menghapus semua bug, baik bug dalam aplikasi maupun dalam sistem.

Itu dia beberapa penyebab aplikasi sering keluar sendiri serta cara mengatasinya. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

What's On Fimela
Loading