Sukses

Lifestyle

Mereka Sering Gosipin Kamu di Belakang? Ternyata Ini Alasannya!

Fimela.com, Jakarta Membicarakan orang lain alias bergosip, banyak terjadi di berbagai lingkungan. Bukan hanya dilakukan mereka yang ada di sekitar rumahmu, tapi juga di tempat kamu bekerja. 

Nggak bisa dihindari, dimanapun akan selalu ada orang-orang yang senang membicarakan orang lain di belakang. Sayangnya, mau nggak mau, suka nggak suka, kita pun harus menerima kenyataan bahwa diri sendiri sama sekali nggak bisa melakukan apapun, untuk mengubah pendapat orang lain. 

Tapi ada satu hal yang bisa dilakukan adalah membuat respon atau sikap yang bijak atas tindakan orang lain terhadap kita. Dikutip laman Psychology, Dr Ned Hallowell, seorang psikiater anak dan dewasa bersertifikat menjelaskan gosip sebagai berbagi informasi yang nyata atau imajinasi (rumor) tanpa izin dan berpotensi merusak. 

Biasanya, penggosip seperti dikutip laman Herways, lebih nyaman berbicara di belakang karena untuk mengutarakan secara langsung butuh keberanian. Juga muncul perasaan nggak enak ketika harus menanyakan hal yang berkaitan dengan orang tersebut. 

Lantas, sebenarnya apa sih yang membuat orang lain 'senang' membicarakan alias bergosip tentang orang lainnya di belakang? Simak penjelasannya berikut ini: 

 

Pencapaian

Beberapa orang secara nggak langsung cemburu karena melihat orang lain berhasil mencapai tujuannya. Itu alasan paling umum dan klasik mengapa orang lain berbicara dibelakangmu. 

Alih-alih menawarkan dukungan dan pujian, mereka justru memilih untuk berbicara di belakang. Jika mereka nggak bisa memiliki apa yang kamu miliki, maka mereka akan mengabaikan kesuksesanmu melalui kerja keras yang dilakukan. 

Maka dari itu, orang yang cemburu itu akhirnya memutuskan membicarakanmu di belakang, untuk  mengurangi nilai kesuksesan yang diraih, guna menurunkan 'derajatmu'. Hal ini banyak terjadi dalam lingkup pekerjaan, seperti di dunia perkantoran atau selebriti yang tiba-tiba melejit karena karyanya. 

 

Cemburu atau Iri

Umumnya hal ini terjadi dalam lingkup pertemanan bahkan keluarga. Seseorang yang diyakini adalah orang baik selayaknya nggak menyakiti dengan menyebarkan desas-desus atau hal buruk yang pernah terjadi dalam hidupmu. 

Ketika seseorang atau kamu melakukan pekerjaan yang dinilai menyenangkan, menikmati hidup bahagia dan sukses, rasa iri atau cemburu menguasai mereka. Harus disadari juga bahwa orang terdekatmu juga manusia yang bisa menanam rasa iri. 

Dalam lingkup pertemanan, mungkin kamu meyakini bahwa mereka benar-benar bestie-mu yang nggak mungkin membicarakanmu di belakang. Agar nggak merasa terjebak dengan arti sebuah pertemanan, ada perbedaan yang mendasari. 

Teman yang baik adalah mereka yang berani mengungkapkan pendapat atau penilaian mereka bahkan hal terburuk sekalipun. 

 

Ingin Menyesuaikan Diri

Banyak orang bergosip karena dinilai lagi ngetren. Mereka mengatakan hal yang dinilai positif dan merasa tahu lebih banyak tentang informasi yang berkaitan dengan orang lain. 

Orang yang bergosip memiliki dorongan untuk melakukan hal yang sama di lingkungannya. Itu karena mereka merasa, bergosip menjadi satu-satunya cara menjalin ikatan dengan lain dalam bentuk hubungan yang lebih bermakna. Ya, orang bergosip karena mereka ingin menyesuaikan diri. 

Anak-anak di sekolah menengah misalnya, cenderung bergosip karena adanya 'tekanan' teman sebaya. Alhasil mereka bisa menjadi kasar satu sama lain. Sama halnya dengan orang dewasa yang tahu bahwa membicarakan orang lain di belakang adalah hal kurang baik, namun tetap memilih untuk melakukannya, demi membuat mereka dihargai orang lain. 

 

Kehidupan Sendiri Nggak Cukup Menarik

Beberapa orang bosan dengan kehidupannya, sehingga mereka memilih untuk menjadikan kehidupan orang lain sebagai 'prioritas' mereka. 

Berawal dari desas-desus kecil yang mereka dengar dari seorang kolega atau teman, kemudian diutarakan kembali ke orang lain dengan kalimat: jangan beritahu siapa-siapa ya, kalau aku yang mengatakan hal ini ke kamu! 

Yup, hal ini seolah-olah hanya dikatakan satu kali, padahal secara nggak sadar kalimat tersebut dibicarakan juga ke orang lain. Selain itu, hal lain yang harus sama-sama diketahui, mereka yang bergosip, kebanyakan sebenarnya nggak punya masalah pribadi dengan orang yang digosipkan. 

Menyebarkan rumor atau bahkan membicarakan orang lain menjadi sebuah kebiasaan yang menyenangkan, lantaran kehidupan yang dirasa membosankan. Masih dikutip di laman Herways, satu hal yang juga nggak disadari, gosip dapat berdampak buruk terhadap kesehatan emosional dan mental orang lain–subjek yang dibicarakan dan orang yang mendengar gosip itu sendiri. 

Bagi yang mendengar gosip, kebanyakan justru ikut menjauhi orang yang digosipkan. Nah, meski fakta tentang bergosip sering terjadi, namun bukan berarti hal tersebut sulit dihindari. 

Ada beberapa cara menghindari gosip demi menjaga kesehatan mental, misalnya mengganti topik saat gosip dimulai ke pembahasan yang lebih positif. Bisa juga dengan menjaga pikiran positif karena nggak semua gosip yang diceritakan tentang keburukan orang lain. 

Oh ya, ngomong-ngomong tentang kesehatan mental, kamu juga bisa menjaganya dengan melakukan sederet hal sederhana. Mulai dari rutin berolahraga, menjaga pola makan sehat, menerima dan mensyukuri atas apa yang dimiliki, serta mendapatkan asupan vitamin D alami dari makanan, sinar matahari, serta multivitamin & suplemen

Itu karena Vitamin D memiliki banyak manfaat, yaitu untuk mengaktifkan sistem imun dan menjaga fungsi otak. Vitamin D bukan sekadar membantu menjaga kesehatan tulang dan gigi, tapi juga memiliki efek antidepresan yang berpengaruh pada otak (kesehatan mental). 

 

 

(*)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading