Sukses

Lifestyle

5 Cara Tetap Bahagia dengan Lingkaran Pertemanan yang Mengecil

Fimela.com, Jakarta Dulu kita mungkin menganggap pertanda baik sebuah pertemanan akan bertahan adalah ketika segalanya terasa tetap sama. Kekompakan yang sama, tawa yang sama, hingga level kesibukan yang sama. Namun, seiring bertambahnya usia, prioritas hidup berubah, dan pertemanan juga ikut berubah.

Lingkaran pertemanan yang terasa mengecil dan makin menyempit mungkin sempat membuat kita sedih. Teman dan sahabat yang dulu begitu dekat satu per satu makin menjauh, dan hubungan dengan mereka merenggang. Yang bertahan pun kini makin sedikit. Meskipun begitu, kita masih tetap bahagia dengan lingkaran pertemanan yang mengecil ini.

 

 

1. Hargai Semua Momen Kebersamaan yang Ada

Momen kebersamaan yang sudah ada dan pernah ada tetap perlu disesali. Hargai dan jaga semua itu sebaik mungkin. Bagaimana pun, semua itu sudah jadi bagian dari hidupmu. Walau ada teman dan sahabat yang kini menjauh dan tak lagi dekat, setidaknya tetaplah bahagia karena mereka sudah pernah menjadi bagian terindah dalam hidupmu.

 

 

2. Doakan yang Terbaik untuk Semua Temanmu

Teman yang menjauh dan mungkin sudah tak lagi mudah untuk dihubungai tak perlu dimusuhi. Doakan yang terbaik saja untuk mereka. Sampaikan harapan baik bahwa mereka pasti juga bisa bahagia dengan perjalanan hidup baru mereka. Mereka sendiri pun pasti punya prioritas baru yang perlu dipenuhi, jadi bantu mereka dengan doa terbaik agar mereka bisa bahagia dengan kehidupan mereka.

 

 

3. Berusaha Menyesuaikan Ekspektasi Diri

Kamu mungkin pernah kecewa karena beberapa teman mulai sulit menepati janji. Bahkan beberapa rencana batal karena ada sejumlah hal mendadak yang harus didahulukan oleh teman-temanmu. Menyikapi hal ini, kamu tak perlu marah berlebihan. Cukup terima perubahan yang ada, dan berusahalah untuk menyesuaikan diri dan ekspektasi diri agar hatimu bisa lebih tenang.

 

 

4. Jaga Komunikasi yang Masih Bertahan

Saat masih ada komunikasi yang bisa dipertahankan, jaga baik komunikasi tersebut. Ketika ada teman-teman yang masih bisa dihubungi dan mudah untuk diajak bicara, jaga baik komunikasi dalam keseharian. Walau ada hubungan yang merenggang dengan beberapa teman, tapi daripada hanya menyesali semua yang tak lagi sama, mending fokus untuk menjaga baik hubungan dengan teman-teman yang masih dekat.

 

 

5. Lapangkan Hati Menerima Kenyataan Baru

Untuk bisa tetap bahagia, kamu bisa coba untuk melapangkan hatimu menerima kenyataan yang baru. Daripada mengungkit masa lalu atau memaksakan keadaan tetap sama seperti sebelumnya, cobalah untuk menerima realitas yang ada. Dengan cara ini, sudut pandangmu akan lebih luas dan membuatmu tidak berlarut-larut dalam kesedihan.

Tetap jaga baik hubungan yang masih bertahan. Bersama mereka yang masih ada dan dekat denganmu, kamu masih punya peluang untuk menciptakan momen-momen yang lebih indah dan berharga.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading