Sukses

Lifestyle

5 Cara Memutihkan Gigi Menggunakan Bahan-bahan Alami

Fimela.com, Jakarta Penampilan adalah hal yang cukup penting. Hal ini dikarenakan penampilan adalah hal pertama yang dilihat oleh orang lain dari dirimu. Orang lain bisa menilai kualitas dirimu melalui penampilanmu. Jika penampilanmu rapi, tentu akan memberikan kesan pertama yang positif untuk orang lain yang melihat.

Penampilan bisa dilihat dari pakaian yang kamu kenakan, sepatu maupun riasan makeup atau gaya rambutmu. Namun penampilan juga bisa dilihat dari wajahmu. Berpenampilan bersih dan rapi pastinya akan menambah kepercayaan dirimu. Misalnya, memiliki gigi yang putih pasti akan membuatmu jadi tambah percaya diri, kan?

Untuk mendapatkan gigi yang putih, tidak cukup jika hanya sikat gigi saja setiap hari. Ada beberapa langkah tambahan yang harus kamu lakukan. Namun kalau kamu ingin menggunakan bahan-bahan yang alami, kamu bisa coba bahan-bahan berikut ini.

1. Siwak

Sejak dulu siwak sudah dikenal sebagai obat herbal yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan mulut dan membersihkan gigi. Siwak dipercaya mengandung beberapa zat alami yang mampu menghambat pertumbuhan bakteri, mencegah gigi berlubang, dan mengikis plak.

Cara menggunakan siwak untuk membersihkan gigi cukup mudah, tumbuk siwak hingga halus, kemudian campur dengan sedikit air sampai berbentuk pasta. Setelah itu, oleskan siwak yang telah berbentuk pasta tersebut ke area gigi hingga merata.

2. Baking Soda

Baking soda menjadi salah satu bahan yang dapat digunakan untuk membantu membersihkan dan memutihkan gigi. Caranya cukup mudah, campurkan banking soda dengan sedikit air kemudian oleskan atau gosokkan pada area gigi hingga rata.

3. Daun Sirih

Cara alami memutihkan gigi berikutnya ialah menggunakan daun sirih. Sudah sejak lama daun sirih berfungsi efektif dalam membersihkan gigi. Selain itu, beberapa kandungan daun sirih juga berperan penting untuk menurunkan risiko gigi berlubang.

Cara mendapatkan khasiat dari daun sirih cukup mudah, kamu hanya perlu mengunyah beberapa lembar daun sirih. Selain itu, daun sirih juga dapat kamu tumbuk, lalu oleskan di area gigi hingga rata.

 

4. Daun Salam

Sejak lama daun salam dikenal mampu membersihkan dan memutihkan gigi secara alami. Beberapa kandungan yang terdapat pada daun salam mampu membuat gusi dan mencegah akumulasi rongga.

Cara mendapatkan khasiatnya cukup mudah, tumbuk daun salam hingga halus, kemudian gunakan bubuk daun salam sebagai pasta untuk menyikat gigi.

5. Buah Strawberry

Cara alami memutihkan gigi berikutnya ialah menggunakan buah stroberi. Buah ini memiliki kandungan asam sitrat yang dipercaya efektif untuk menghambat berbagai bakteri pada gigi.

Untuk mendapatkan khasiat dari stroberi, hancurkan terlebih dahulu buah ini, lalu campurkan dengan banking soda hingga membentuk pasta dan oleskan pada area gigi sampai rata.

Cara Memutihkan Gigi Melalui Kebiasaan Sehari-hari

1. Berhenti merokok

Salah satu penyebab gigi menguning ialah merokok. Selain menyebabkan gigi kuning, merokok juga dapat meningkatkan risiko gigi berlubang.

Oleh karena itu, mengurangi atau berhenti merokok menjadi cara paling efektif untuk membersihkan gigi dari kuman dan bakteri.

2. Jaga Pola Makan

Salah satu penyebab gigi kuning ialah karena mengonsumsi makanan yang kurang sehat, sehingga hal ini dapat menimbulkan bakteri pada gigi. Oleh karena itu, kamu harus bisa menjaga pola makanmu.

Beberapa makanan yang dapat menyehatkan dan memutihkan gigi salah satunya ialah sayuran, seperti bayam, brokoli, dan kacang-kacangan. Selain itu, buah-buahan seperti durian juga berfungsi efektif menjaga kesehatan gigi. Kandungan kalium, kalsium serta vitamin B yang terdapat di buah durian sangat bermanfaat untuk melindungi gigi dari berbagai macam penyakit.

3. Kurangi Konsumsi Kopi

Apakah kamu rutih mengonsumsi kopi? Mungkin memang kopi adalah salah satu minuman yang mampu menghalau kantuk dan membuatmu berenergi, terutama di pagi hari. Namun sayangnya mengonsumsi kopi secara berlebihan dapat membuat gigi berwarna kuning.

Itulah beberapa cara membuat gigi putih secara alami dan permanen. Namun ingat, agar efeknya bisa permanen, kamu harus melakukannya secara rutin. Dan juga hindari hal-hal yang bisa membuat gigi menguning seperti rokok dan kopi.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading