Sukses

Lifestyle

5 Sikap yang Membuatmu Sulit Merasa Percaya Diri

Fimela.com, Jakarta Sering merasa gampang minder atau insecure? Sering sulit merasa percaya diri? Bisa jadi karena ada sejumlah sikap negatif yang masih sering kamu lakukan pada dirimu sendiri.

Sebelum makin menyalahkan keadaan atau orang lain, ada baiknya untuk mencoba melihat ke dalam diri sendiri. Mencoba untuk sedikit melakukan introspeksi diri. Bisa jadi sikap-sikap ini masih sering kamu lakukan dan menjadi penghambatmu sendiri.

 

 

1. Masih Bergantung pada Validasi Orang Lain

Saat kamu masih sering menunggu atau menuntut validasi dari orang lain, kamu bisa kesulitan mengenali nilai dirimu sendiri. Hanya karena kamu tidak mendapat pujian, apresiasi, atau kekaguman dari orang lain, kamu jadi merasa minder atau insecure sendiri. Pahadal untuk bisa lebih percaya diri, kamu perlu mengenal kelebihan dan kekurangan dirimu dengan baik. Sehingga kamu tidak gampang merasa minder atau ciut ketika ada orang yang tak memberi apresiasi sesuai ekspektasimu.

 

 

2. Terlalu Sering Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Adakalanya kita bisa termotivasi untuk jadi pribadi yang lebih baik karena memiliki panutan. Namun, kalau kita malah terobsesi membanding-bandingkan diri dengan orang lain dan makin meratapi diri sendiri, maka itu bisa membuat kita merasa makin gampang insecure. Kebiasaan membuat perbandingan yang tak sehat malah akan membuat kita makin minder menjalani hidup kita sendiri.

 

 

3. Menuntut Segalanya Harus Sempurna

Makin sering kamu menuntut segalanya serba sempurna, kamu bisa makin sulit untuk menemukan rasa percaya dirimu. Ketika kekurangan atau kelemahanmu malah kamu ratapi, kamu bisa makin mudah merasa insecure. Rasa percaya diri bisa didapatkan saat kamu bisa menerima dirimu dengan seutuhnya. Kelemahan kamu jadikan motivasi untuk senantiasa meningkatkan kualitas diri, dan kelebihan kamu jadikan semangat untuk menjalani hidup dengan lebih bermakna.

 

 

4. Terlalu Takut Mencoba Hal-Hal Baru

Saat kamu makin tenggelam dalam rasa takut, kamu bisa makin sulit merasa percaya diri. Ketakutan yang berlebihan dalam mencoba sesuatu bisa membuatmu malah gampang merasa insecure atau minder. Rasa percaya diri biasanya didapatkan ketika berhasil melakukan sesuatu atau membuat pencapaian baru dalam hidup. Kalau sikapmu masih terlalu takut mencoba apa pun, maka kamu akan makin sulit meningkatkan rasa percaya dirimu.

 

 

5. Sering Menyalahkan Keadaan

Sikapmu yang masih sering menyalahkan keadaan bisa membuatmu makin sulit percaya diri. Sebab kamu cenderung mencari dalih atau alasan dari faktor-faktor eksternal, dan bukan berusaha untuk mengenali dirimu dengan baik. Bukannya memperbaiki keadaan, kamu malah akan memperburuk masalah yang ada jika sikapmu masih suka menyalahkan keadaan.

Bagi yang sering merasa rendah diri, ada baiknya untuk mulai memperbaiki sikap-sikap di atas. Semoga ke depannya kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik dan penuh percaya diri lagi.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading