Sukses

Lifestyle

7 Tanda Kamu Banyak Tekanan dan Stres yang Bisa Memengaruhi Hubunganmu

Fimela.com, Jakarta Stres bisa diakibatkan dari kelelahan karena terlalu banyak pikiran. Stres juga bisa memengaruhi kehidupan seseorang. Bahkan sulit mengelola stres dapat memperburuk situasi. Apalagi dalam pernikahan, stres bisa memengaruhi hubungan. Jika salah satu pasangan mengalami stres, tentu akan muncul pertengkaran yang serius.

Nah, untuk menghindari terjadinya pertengkaran dalam hubungan, kenali beberapa tanda yang menunjukkan jika kamu mengalami stres yang bisa memengaruhi hubungan. Yuk, simak selengkapnya di bawah ini.

1. Tidak Adanya Komunikasi

Saat kamu atau pasangan sedang stres, mungkin sulit untuk berkomunikasi secara efektif. Kamu mungkin lebih sering berdebat atau berjuang untuk mengungkapkan pikiran dan perasaanmu dengan jelas.

2. Kurangnya Keintiman

Stres berdampak pada dorongan seksual dan keinginan untuk keintiman fisik. Saat kamu atau pasangan sedang stres, wajar jika kamu merasa kurang tertarik untuk berhubungan intim secara fisik atau mungkin merasa lebih sulit untuk rileks dan menikmati momen tersebut.

3. Gampang Marah

Stres dapat membuatmu atau pasangan lebih mudah tersinggung atau frustrasi, sehingga menimbulkan lebih banyak pertengkaran atau konflik.

4. Berkurangnya Waktu Berkualitas

Ketika pasangan sedang stres, kamu mungkin merasa lebih sulit meluangkan waktu untuk satu sama lain. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya waktu berkualitas yang dihabiskan bersama, yang dapat membuat hubungan menjadi tegang.

5. Suka Menghindar

Saat stres, beberapa orang mungkin menarik diri dari pasangannya atau menghindari percakapan dan situasi tertentu. Ini dapat mempersulit untuk menyelesaikan konflik atau mengatasi masalah yang muncul dalam hubungan.

6. Kurangnya Empati

Stres juga dapat memengaruhi kemampuanmu untuk berempati terhadap perasaan dan pengalaman pasangan. Hal ini dapat menyebabkan kurangnya pemahaman dan dukungan dalam hubungan.

7. Sakit Secara Fisik

Terakhir, ketika ada banyak stres, kamu mengalami sakit kepala, kelelahan, dan ketegangan otot, yang dapat memengaruhi kesejahteraan dan kemampuanmu secara keseluruhan untuk hadir dalam hubungan. Mengalami stres adalah hal yang normal, ketika kamu merasakan stres dan bahkan memengaruhi hubunganmu, cobalah untuk melakukan latihan mengelola emosi dan stres dengan cara yoga atau meditasi.

Nah, sebelum memengaruhi hubunganmu, akan lebih baik jika segera membicarakan apa yang kamu rasakan kepada pasangan supaya tidak ada kesalahpahaman. Bahkan bisa jadi pasanganmu membantumu untuk mengatasinya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading