Sukses

Lifestyle

5 Cara Tenangkan Diri saat Menghadapi Masalah Rumit

Fimela.com, Jakarta Saat menghadapi masalah yang rumit, biasanya hati tidak tenang. Isi pikiran pun rasanya sulit untuk diuraikan satu per satu. Padahal untuk bisa mencari solusi atau jalan keluar terbaik dari persoalan yang ada, pikiran perlu tenang lebih dulu.

Berikut ini ada sejumlah cara yang bisa dicoba untuk tenangkan diri ketika persoalan yang dihadapi terasa sangat rumit. Bisa dicoba melalui cara yang terasa paling mudah lebih dulu. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

 

1. Sadari Kehadiran Realitas yang Ada

Coba hadirkan pikiran untuk berada di masa kini, saat ini. Tak perlu terlalu terjebak dengan masa lalu. Tak perlu khawatir berlebihan dengan hal-hal yang akan terjadi di masa depan. Sadari saja realitas yang ada saat ini. Saat hati sudah lebih lapang menerima situasi yang ada pada masa kini, biasanya perasaan akan terasa lebih baik.

 

 

2. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Luangkan waktu beberapa saat untuk diri sendiri. Manfaatkan dan optimalkan waktu yang ada untuk melakukan hal yang kamu sukai atau hal yang membuatmu bisa merasa bahagia. Ketika segalanya terasa rumit, menyepi atau menepi sejenak dari keramaian bisa bantu tenangkan dirimu.

 

 

3. Ambil Jarak Aman dari Masalah yang Ada

Cobalah untuk (kalau bisa) mengambil jarak aman dari masalah yang ada. Saat sesuatu tampak rumit, mungkin kamu perlu melihatnya dari sisi lain atau sisi berbeda. Siapa tahu ada sudut pandang baru yang bisa kamu dapatkan dari situ. Serta, bisa menemukan jalan keluar yang lebih baik. Kalau kamu butuh bantuan orang lain untuk menyelesaikan masalahmu, cobalah cari dan temukan bantuan tersebut. Kalau kamu merasa terlalu sulit untuk mengtasi persoalan yang ada seorang diri, tak ada salahnya untuk mencari bantuan yang kamu perlukan.

 

4. Fokuskan Diri pada Sesuatu

 

Saat segalanya terasa rumit, kamu perlu melakukan sesuatu yang membutuhkan fokus atau konsentrasimu. Bisa dengan melakukan kegiatan atau aktivitas yang membuatmu bisa lebih berkonsentrasi atau fokus pada hal tersebut. Aktivitas menulis, membuat karya, atau sekadar mengamati hilir mudik orang di sekitarmu bisa bantu tenangkan dirimu. Bisa juga melakukan latihan yoga atau latihan meditasi untuk bantu tenangkan jiwamu.

 

 

5. Selesaikan Hal yang Terasa Paling Mudah

Persoalan atau masalah yang rumit itu bisa coba dipecah menjadi bagian-bagian kecil. Buat daftar hal-hal yang perlu diselesaikan atau dikerjakan satu per satu. Lalu, cobalah untuk menyelesaikan sesuatu yang terasa paling mudah lebih dulu. Biasanya saat bisa menyelesaikan sebuah hal, ke depannya segalanya akan terasa lebih mudah untuk diatasi.

Semoga apa pun masalah atau persoalan yang kamu hadapi saat ini bisa segera ketemu jalan keluar terbaiknya, ya. Serta, semoga hatimu dan jiwamu senantiasa dikuatkan untuk terus melangkah ke depan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading