Sukses

Lifestyle

Cara Merawat Gigi Kucing Agar Tidak Menimbulkan Penyakit

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah hewan yang biasa dijadikan peliharaan. Banyak orang memelihara kucing karena kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, terkadang tingkah kucing bisa membuat pemiliknya yang sedang bersedih menjadi terhibur.

Namun memelihara kucing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk kucing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Sebagai pemilik kucing yang telah memutuskan untuk memelihara kucing, maka harus siap bertanggung jawab pada hidupnya juga, terutama kesehatannya. Kesehatannya ini mencakup seluruh tubuhnya, termasuk juga kesehatan giginya.

Seringkali kesehatan gigi kucing terabaikan. Bahkan banyak yang beranggapan kalau gigi kucing akan baik-baik saja tanpa dirawat. Padahal gigi kucing perlu dirawat agar terjaga kesehatannya dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Namun bagaimana sih cara merawat gigi kucing? Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Cara Mengetahui Permasalahan Pada Gigi Kucing

1. Cek gigi dan gusinya

Salah satu cara mengetahui apakah gigi kucingmu bermasalah adalah dengan mengecek langsung kondisi gigi dan gusinya. Gigi yang sehat adalah gigi yang berwarna putih, berkilau dan tidak tertutup plak atau karang gigi berwarna kuning kecokelatan. Kalau kamu mencium bau yang tidak sedap dan sangat menyengat, bisa jadi itu adalah pertanda kalau ada gusi kucingmu sedang terinfeksi.

2. Amati perilakunya

Coba amati juga kebiasaanya ketika makan. Kalau dia hanya makan dengan satu sisi mulut saja, bisa jadi itu karena sisi mulut yang satunya terasa sakit. Nah sakit yang dirasakan kucing ini bisa jadi pertanda kalau ada yang bermasalah dengan kesehatan gigi dan mulutnya.

3. Cek secara berkala

Terkadang kucing tidak menunjukkan tanda apapun ketika ia sakit. Jadi alangkah baiknya untuk mengecek kesehatannya secara berkala untuk menghindari sakit yang tidak terdeteksi. Apalagi jika kucingmu sudah tua, biasanya akan lebih mudah terkena penyakit karena daya tahan tubuhnya lebih lemah.

Cara Merawat Gigi Kucing

Salah satu penyebab masalah pada gigi kucing adalah adanya plak yang kemudian menjadi infeksi. Untuk menghilangkan plak tersebut, kamu harus rutin menyikat gigi kucing. Nah ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyikat gigi kucing.

1. Tanyakan caranya pada dokter hewan

Kalau kamu belum bisa menyikat gigi kucing, kamu bisa tanyakan caranya pada dokter hewan. Nantinya dokter hewan akan memberikan contoh yang benar ketika menyikat gigi kucing.

2. Gunakan pasta gigi khusus

Jangan pernah gunakan pasta gigi manusia karena tentu formulanya berbeda. Selain itu, ketika menyikat gigi kucing akan lebih rentan tertelan. Jadi akan sangat berbahaya kalau kamu menggunakan pasta gigi manusia.

3. Biasakan kucingmu dengan tekstur pasta gigi

Mulailah dengan meletakkan pasta gigi kucing di ujung jari kamu dan memberikannya pada kucing untuk dijilat. Lakukan ini setiap hari selama beberapa hari sampai ia terbiasa dengan rasa dan teksturnya.

4. Gunakan sikat gigi kucing

Kemudian, beli sikat gigi yang dirancang untuk kucing. Bila kamu memiliki lebih dari satu kucing, belilah satu sikat gigi untuk setiap kucing untuk menghindari penularan bakteri apa pun. Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi bayi karena sikat ini cukup lembut, tapi hindari menyikat gigi kucing dengan jari karena kamu bisa tergigit secara tidak sengaja oleh kucing.

5. Luangkan waktu untuk menyikat gigi kucing

Pilih waktu yang bisa kamu ikuti setiap hari untuk menjadikan menyikat gigi sebagai bagian dari rutinitas hewan peliharaan kamu. Pilihlah waktu saat kamu berdua dalam keadaan yang rileks, sehingga kamu dan kucing bisa merasa nyaman.

Itulah beberapa cara merawat gigi kucing agar kesehatan gigi dan mulutnya tetap terjaga. Jangan lupa menyikat gigi kucingmu secara rutin agar gigi kucingmu terhindar dari berbagai penyakit ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading