Sukses

Lifestyle

5 Cara Merawat Kucing Anggora, Tidak Boleh Sembarangan

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah hewan yang biasa dijadikan peliharaan. Banyak orang memelihara kucing karena kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, terkadang tingkah kucing bisa membuat pemiliknya yang sedang bersedih menjadi terhibur.

Namun memelihara kucing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk kucing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

Salah satu ras kucing yang sangat digemari untuk dipelihara adalah kucing anggora. Meskipun kucing yang satu ini sangat populer, namun ada cara khusus untuk merawatnya yang perlu diperhatikan demi kenyamanan serta kesehatan si kucing.

Untuk kamu yang memutuskan ingin memelihara kucing anggora, berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika merawatnya.

1. Pilih Makanan yang Tepat

Salah satu ciri khas kucing anggora adalah bulunya yang panjang dan tebal. Nah jika kamu mau memelihara kucing anggora, maka kamu harus bisa mempertahankan kelebatan bulunya. Salah satunya melalui makanannya.

Makanan untuk kucing anggora tidak bisa sembarangan. Untuk menjaga kesehatan bulunya, kamu wajib memilih makanan kucing yang diperuntukkan khusus untuk kucing berbulu panjang. Biasanya pada wadahnya tertulis "for long hair cat".

2. Beri Air Minum Matang

Nah ternyata, air minum kucing bisa mempengaruhi kesehatan bulunya lho, Sahabat Fimela. Pastikan kamu memberi kucing anggoramu air matang bukan air mentah. Hal ini dikarenakan air minum mentah punya kemungkinan yang besar terkontaminasi bakteri dan kuman yang bisa menyebabkan kesehatan bulunya jadi terganggu.

3. Rutin Vaksin

Vaksin pada kucing dilakukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, agar ketika ada paparan virus kucing kamu aman dari infeksi karena sudah memiliki antibodi virus tersebut.

Vaksin dilakukan sejak kucing masih kecil, vaksin pertama dilakukan pada usia 8 hingga 10 minggu atau ketika usia sapih.

Vaksin diberikan untuk mencegah infeksi virus dan jamur. Kemudian vaksin yang kedua dilakukan pada usia 12 hingga 14 minggu, vaksin ini merumakanan booster atau pengulangan dari vaksin pertama.

Vaksin ketiga diberikan ketika usia 16 minggu, vaksin yang diberikan adalah vaksin rabies sekaligus lakukan pemeriksaan kesehatan rutin untuk kucingmu. Setelah itu lakukan vaksinasi ulang rutin setiap tahun untuk mencegah infeksi virus pada kucingmu.

4. Mandikan Kucing

Kucing harus dimandikan setidaknya satu kali dalam satu bulan, gunakanlah shampo khusus untuk kucing supaya kesehatan bulu tetap terjaga dan terhindar dari ektoparasit kucing. Pelajari cara memandikan kucing supaya kamu tidak salah langkah.

5. Periksakan ke Dokter Hewan

Kamu juga harus rajin memeriksakan kondisi kucingmu ke dokter hewan. Hal ini berlaku tidak hanya untuk kucing anggora saja, namun untuk semua ras kucing. Kalau kucingmu terlihat lebih lemas daripada biasanya, segera bawa ke dokter hewan agar bisa segera ditangani.

Itulah 5 cara merawat kucing anggora yang harus kamu pahami sebelum memutuskan untuk memelihara kucing anggora. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading