Sukses

Lifestyle

4 Penyebab Kucing Muntah-muntah yang Harus Diperhatikan

Fimela.com, Jakarta Kucing adalah hewan yang biasa dijadikan peliharaan. Banyak orang memelihara kucing karena kucing adalah hewan yang lucu dan menggemaskan. Tidak hanya itu, terkadang tingkah kucing bisa membuat pemiliknya yang sedang bersedih menjadi terhibur.

Namun memelihara kucing perlu komitmen tinggi. Biaya perawatannya tidak bisa dibilang murah, apalagi untuk kucing dengan ras tertentu yang harga jualnya mencapai puluhan hingga ratusan juta.

 Sebagai pemilik kucing yang telah memutuskan untuk memelihara kucing, maka harus siap bertanggung jawab pada hidupnya juga, terutama kesehatannya. Bagaimana jika kucing muntah-muntah?

Ternyata ada beberapa hal yang menyebabkan kucing muntah-muntah. Berikut penyebab kucing muntah-muntah serta penjelasan dan cara mengatasinya.

Penyebab Kucing Muntah-muntah

1. Tidak cocok dengan makanannya

Hal yang harus diperhatikan ketika memelihara kucing adalah mencarikan makanan yang tepat untuknya. Perut kucing kadang sensitif dan tidak sekuat perut manusia. Oleh karena itu, jika kamu ingin membelikan makanan untuk kucingmu, carikanlah makanan yang memiliki komposisi yang bagus dan mengandung nutrisi yang dibutuhkannya.

Hindari memberi makanan yang mengandung laktosa di dalamnya seperti susu. Hal ini dikarenakan kucing kucing tidak memiliki enzim yang mampu memecah gula pada susu sapi, sehingga bisa memicu mual, muntah, dan diare jika mengonsumsi produk yang mengandung laktosa seperti susu sapi.

2. Makan terlalu cepat

Penyebab kucing muntah selanjutnya adalah makan yang terlalu cepat. Apalagi jika pemilik memberikan porsi makanan dalam jumlah besar, dan langsung dimakan seluruhnya oleh kucing. Oleh karena itu, sebaiknya pemilik mengontrol porsi makanan kucing agar ia bisa makan secara perlahan, sehingga sistem pencernaan dapat mengolahnya dalam waktu yang seharusnya.

 

Penyebab Kucing Muntah-muntah

3. Menelan benda asing

Kucing adalah salah satu hewan yang punya rasa penasaran yang tinggi. Karena rasa penasarannya ini, ia kerap memasukkan benda asing dan hewan-hewan kecil ke dalam mulut, kemudian menelan atau memakannya. Kucing juga sering tidak sengaja menelan bulunya sendiri. Benda asing atau bulu yang masuk ke dalam organ pencernaannya inilah yang menjadi penyebab kucing muntah.

4. Keracunan

Penyebab kucing muntah yang selanjutnya dan paling sering terjadi adalah karena keracunan. Keracunan ini sendiri dapat disebabkan melalui makanan, udara, atau faktor lingkungan lainnya.

Keracunan makanan pada kucing sendiri dapat terjadi jika memang kucing makan dengan sembarangan karena merasa tidak ada makanan yang disediakan untuk mereka.

Gejala keracunan sendiri dimulai dari kucing mendadak lemas dan terus memuntahkan cairan yang berwarna kuning, terkadang jika memang keracunan sebuah zat berbahaya akan membuat kucing menjadi kejang dan tidak dapat bernafas. Oleh karena itu, kamu sebagai pemilik harus bisa menjaga kucingmu dari bahaya seperti keracunan.

Itu dia beberapa penyebab kucing muntah. Semoga artikel ini bisa membantumu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading