Sukses

Parenting

5 Obat Alami untuk Mengatasi Mual dan Muntah pada Anak

Fimela.com, Jakarta Mendapati buah hati mual dan muntah, sering kali membuat orangtua sangat cemas. Tak seperti orang dewasa yang memiliki banyak pilihan obat, anak-anak harus sangat hati-hati dalam memilih obat untuk segala masalah kesehatannya. Karena alasan ini, orangtua sering memilih obat alami sebagai obat segala masalah kesehatan anak. Termasuk saat anak mengalami mual dan muntah. 

Mengutip dari laman parenting.com, ada beberapa obat alami yang disarankan untuk diberikan ke anak saat ia mual dan muntah. Aneka obat alami ini cukup ampuh untuk mengatasi masalah kesehatan anak, dan meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Jahe dan Madu

Obat alami yang ampuh mengatasi mual muntah anak ada jahe dan madu. Seduh dua ruas jari jahe yang digeprek bersama 2 sdm madu dengan air hangat. Berikan ke anak untuk mengatasi mual yang dialami. Selain mengatasi mual, minuman ini juga bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengatasi pusing.

Air Putih

Saat anak mengalami mual dan muntah, pastikan agar ia mengonsumsi air putih cukup. Sangat penting bagi anak yang sedang mual serta muntah tetap terhidrasi dengan baik. Air putih adalah pilihan obat alami terbaik.

Kayu Manis

Manfaatkan kayu manis untuk mengatasi mual dan muntah pada anak. Cara memanfaatkannya cukup mudah. Seduh kayu manis dengan air panas dan tunggu hingga hangat, kemudian berikan ke anak. Agar rasa minuman ini semakin lezat, Mom bisa menambahkan madu atau gula jawa.

Air Tajin

Air tajin juga baik untuk mengatasi mual dan muntah pada anak. Air tajin adalah air rebusan beras sebelum ditanak. Air tajin dipercaya memiliki nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan anak. Ini juga baik untuk sistem pencernaannya selama merasa mual, muntah bahkan diare.

Oralit

Anak yang mual dan muntah akan menimbulkan cairan di dalam tubuhnya berkurang. Tak jarang, mual dan muntah juga dibarengi dengan masalah diare. Untuk mengatasi hal ini, Mom bisa memberikan oralit ke buah hati. Buat sendiri larutan oralit yakni dengan mencampur 1 liter air putih dengan 2 sdm gula dan 1 sdt garam. Berikan sedikit demi sedikit oralit ke anak setelah ia muntah.

Itulah sekian obat alami yang bermanfaat untuk mengatasi mual dan muntah pada anak. Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading