Sukses

Lifestyle

Cegah Bau Mulut Nggak Sedap Selama Berpuasa, Begini Langkah Mudah yang Bisa Dicoba

Fimela.com, Jakarta Nggak makan dan minum berjam-jam selama berpuasa bisa saja menyebabkan bau mulut nggak sedap dan nafas yang nggak segar. Tentu saja hal tersebut sangat mengganggu banget dan bikin rasa percaya diri jadi semakin berkurang. Namun, nggak perlu sampai khawatir yang berlebihan jika hal seperti ini sampai terjadi.

Nyatanya, ada beberapa langkah mudah yang bisa dicoba agar mulut bisa tetap wangi dan segar sepanjang hari. Bukan itu saja, berbagai cara ini juga pasti bisa membuat gigi dan gusi jadi lebih sehat selama menjalankan ibadah puasa. Apa saja ya kira-kira itu?

1. Rutin Sikat Gigi

Langkah pertama yang nggak boleh ditinggalkan adalah rutin menyikat gigi. Di dalam mulut biasanya terdapat bakteri penyebab bau mulut nggak sedap. Untuk itulah, kamu harus sering-sering membersihkan gigi dan gusi menggunakan sikat gigi dan odol.

Dalam menerapkan langkah ini, tentunya kamu membutuhkan pasta gigi yang nggak cuma bagus, namun juga berkualitas. Untuk itu, pilihlah yang mengandung ekstrak siwak. Bahan alami ini sendiri dipercaya sebagai anti bakterial yang mampu menghilangkan bakteri pada di dalam mulut. Selain itu, cari pula yang dilengkapi dengan ekstrak daun mint, agar mulut bisa tetap segar sepanjang hari.

2. Gunakan Obat Kumur

Selain menyikat gigi, kamu pun juga perlu berkumur-kumur menggunakan cairan mouthwash. Produk ini dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap bakteri yang bersarang di sela-sela gigi dan gusi. Memilih mouthwash dengan kebaikan ekstrak daun mint sangat disarankan bagi kamu yang mau memiliki mulut wangi dan segar. Kamu bisa membilas mulut dengan produk ini setiap hari, di pagi dan sore hari. 

3. Hindari Makanan yang Menyebabkan Bau Mulut

Bau mulut nggak sedap juga bisa disebabkan dari beberapa jenis makanan yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Misalnya saja, bawang putih, pete, dan jengkol. Untuk itu, coba hindari berbagai makanan tersebut jika kamu nggak ingin mulut jadi bau.

4. Jangan Lupa Minum Air Saat Berbuka dan Sahur

Menjaga mulut agar tetap wangi dan segar ternyata bisa dilakukan dengan rutin minum air putih. Pasalnya, melakukan ini dapat mencegah mulut menjadi kering dan menjaganya dari kerusakan. Oleh karena itu, minumlah air yang banyak pada saat sahur, berbuka, dan malam sebelum tidur. Selain itu, batasi pula konsumsi makanan atau minuman yang manis.

Well, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan agar menjaga mulut tetap wangi dan segar. Jangan lupa dicoba ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading