Sukses

Lifestyle

Benarkah Orang Introvert Lebih Cerdas? Cek Faktanya

Fimela.com, Jakarta Sejauh ini banyak orang percaya jika orang dengan kepribadian introvert sebagai sosok yang sangat cerdas. Tapi, benarkah demikian?

Namun, sebelum lanjut mengetahui fakta tentang kecerdasan orang introvert, alangkah baiknya jika kita mengenal apa itu kepribadian introvert. Mengutip dari laman healthline.com, kepribadian introvert merupakan kepribadian yang cenderung nyaman menyendiri. Orang-orang introvert lebih fokus pada pikiran, perasaan dan suasana hatinya. Mereka lebih suka menyendiri untuk mengumpulkan energi dan membangun semangat dalam dirinya. 

Introvert adalah kebalikan dari kepribadian ekstrovert. Jika pemilik kepribadian ekstrovert lebih terbuka, mudah bergaul dan bersosialisasi, kepribadian introvert cukup tertutup. Mereka umumnya memiliki teman sedikit namun berkualitas.

Apakah Orang Introvert Lebih Cerdas?

Banyak yang bilang bahwa orang introvert lebih cerdas. Benarkah demikian? Sementara itu, mengutip dari laman psychologytoday.com, orang dengan karakter introvert belum tentu lebih cerdas dari orang-orang dengan karakter ekstrovert. 

Studi menemukan jika hubungan antara kecerdasan dan kepribadian tak selalu kuat. Beberapa ahli menemukan jika orang dengan kepribadian introvert bisa lebih cerdas. Tapi, para ahli juga menemukan beberapa orang ekstrovert justru lebih cerdas dengan ide-ide yang cemerlang. 

Penelitian menemukan jika kecerdasan tak hanya dipengaruhi oleh karakter. Ada banyak hal yang bisa membentuk kecerdasan seseorang. Hal tersebut mulai dari genetik, lingkungan dan pendidikan yang diperoleh seseorang. 

Penelitian menemukan jika setiap orang memiliki keunikan masing-masing. Termasuk kecerdasan dalam dirinya. Setiap orang memiliki kecerdasan yang tak sama antara satu dengan lain. Semoga informasi ini bermanfaat. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading