Sukses

Lifestyle

Cara Menghindari Stres yang Bisa Mengganggu Kesehatan dan Produktivitasmu

Fimela.com, Jakarta Stres merupakan kondisi ketika kamu merasa tertekan karena beban yang ditanggungnya. Stres sebenarnya merupakan kondisi yang cukup umum terjadi dan dirasakan oleh kebanyakan orang. Namun bukan berarti stres merupakan keadaan yang ringan. Memang stres lama kelamaan bisa teratasi dengan sendirinya, namun tetap saja stres harus segera ditangani.

Stres yang dibiarkan saja lama kelamaan bisa bertambah parah dan mempengaruhi produktivitasmu. Tak hanya itu saja, kesehatanmu pun bisa terdampak oleh stres yang kamu rasakan. 

Stres yang berkepanjangan bisa memicu berbagai penyakit. Ketika stres, tubuh melepaskan hormon kortisol dan adrenalin yang membuat kerja jantung menjadi lebih cepat. Hormon-hormon tersebut juga bisa membuat kamu merasa mudah lelah.

Selain itu, daya tahan tubuh seseorang yang sedang stres juga akan menurun. Tubuh menjadi sulit melawan virus atau bakteri dan kamu pun lebih mudah terkena penyakit.

Ketika sudah merasa tertekan atau merasa bebanmu semakin berat, kamu bisa mencoba berbagai kegiatan untuk menghindari stres. Berikut beberapa cara menghindari stress yang bisa kamu lakukan.

1. Olahraga

Olahraga bukan hanya membuat badan menjadi lebih sehat dan terasa lebih segar namun juga bagus untuk mengatasi stres. Selain itu, olahraga juga dapat membuat percaya diri semakin meningkat. Untuk mencegah datangnya tekanan pikiran, kamu dapat melakukan olahraga yang kamu gemari secara teratur.

2. Berwisata

Satu hal yang baling banyak dilakukan ketika masalah melkamu sehingga pikiran menjadi tertekan adalah dengan melakukan wisata. Wisata dapat dilakukan dengan orang-orang tercinta seperti sahabat, pacar atau bahkan dengan keluarga. Rekreasi dapat dilakukan dengan cara mengunjungi area-area wisata yang menarik entah di dalam atau di luar negeri. Berwisata membantu kamu untuk melupakan masalah sejenak sehingga pikiran tidak akan terfokus pada tekanan.

3. Istirahat yang Cukup

Langkah untuk menghindari stres selanjutnya adalah dengan beristirahat yang cukup. Bukan hanya tubuh, namun otak kamu juga membutuhkan istirahat dari banyaknya masalah-masalah yang membebani. Istirahat yang cukup membantu kamu dalam menyegarkan kembali otak sehingga dapat kembali digunakan untuk berpikir secara jernih.

Membagi waktu dengan baik merupakan solusi jitu bagi kamu untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Selain itu, pada saat beranjak tidur hendaknya kamu menjauhkan diri dari pikiran-pikiran yang tidak perlu sehingga tidur akan menjadi nyaman dan nyenyak.

4. Cobalah Lebih Rileks

Cara menghindari stres berikutnya adalah dengan cara mencoba bersikap rileks. Rileks dapat dilakukan dengan cara melakukan yoga, berdoa serta melakukan pijat.

Bagi kamu yang tengah berada tekanan pekerjaan, sebaiknya kamu mencari sela-sela waktu saat bekerja untuk sekedar mendinginkan pikiran. Pijat atau yoga dapat dilakukan di rumah atau dapat pula dilakukan di pusat kebugaran. Kegiatan ini membantumu untuk merilekskan pikiran serta otot-otot di dalam tubuh sehingga tidak terus-terusan tegang dan tidak menjadi penyebab sakit kepala.

5. Curhat Pada Teman Terpercaya

Kamu bisa mengurangi beban yang kamu rasakan dengan membaginya pada temanmu. Mencurahkan perasaanmu kepada temanmu akan membuatmu lebih lega. Namun pastikan kamu menceritakannya pada orang terpercaya ya.

Itulah beberapa cara menghindari stress yang bisa kamu lakukan. Semoga membantu ya, Sahabat Fimela.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading